Wednesday 24 September 2008

Potret Kegiatan Agustus 2008


Namo Buddhaya,

Bulan Agustus 2008 telah terlewati dengan baik, segenap Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 63, dan kami telah bersama-sama segenap Umat Buddha dengan melibatkan para siswa-i untuk turut mengembangkan Buddha-Dhamma melalui praktek Dhamma dan kebajikan.

1. Puja Bakti Siswa/i SMP & SMK Permata HarapanMerupakan satu kesempatan yang baik, bagi siswa/i Buddhis dapat melaksanakan puja-bakti bersama di Vihara, yaitu di Vihara Grha Buddha Manggala yang letaknya tak jauh dari sekolah. Dengan dibimbing oleh Bapak Lasiman, S.Ag, Sutrisno S.Ag dan Daniel Winarta, mereka bersama-sama mengalunkan Gatha, Sutta, dan mendengarkan Dhammadesana yang dibawakan oleh Bapak Sutrisno S.Ag.


2. Sekolah Minggu Buddhis (rutin Mingguan)Siswa/i Sekolah Minggu Buddhis dengan penuh semangat, giat, dan ceria turut mengikuti aneka program Sekolah Minggu Buddhis tahun ajaran 2008-2009 seperti:
a. Ceramah Dhamma (Dhammadesana)
b. Diskusi Dhamma (Dhammasakaccha)

c. Permainan Dhamma (Dhamma games)
d. Menyanyikan lagu Buddhis
e. Pindapatta
f. Ultah Bersama


g. Extra Mandarin dan English


3. Siraman Rohani Agama Buddha di Lapas Barelang
Para umat Buddha di Lapas Barelang dengan senang hati, mereka dapat berjumpa dengan para Bhikkhu, dan mendengarkan Dhamma dengan penuh khidmat. Bhante Dhammakaro menjelaskan apa manfaat menjalankan hidup dengan baik.




4. Malam Bakti Pattidana 2008
Menjelang momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kami mengadakan Malam Bakti Pattidana sebagai wujud bakti kepada para pahlawan Republik Indonesia, dengan mempersembahkan kebajikan berupa dana kepada Bhikkhu Sangha, dana sembako pada orang2 yang tak mampu, dan dana kepada Vihara-vihara atau Cetiya-cetiya yang membutuhkan yang disalurkan melalui YADI (Yayasan Abdi Dhamma Indonesia) serta dana untuk pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala, maka persembahan kebajikan untuk para pahlawan dan leluhur akan menjadi satu buah kebajikan yang patut dipersembahkan sesuai dengan Sigalovada Sutta, Nidhikanda Sutta, dan Tirokudda Sutta.
Kami awali dengan Siaran Radio di Radio Era Baru, pada hari Sabtu, 16 Agustus 2008, pada program Detak Naga Timur bersama Romo Pandita Muda Suwarno, yang dipandu oleh Josephine "Dede" Tan Diana, kami berusaha memberikan satu pengertian benar bagaimana seharusnya yang patut dilakukan oleh Umat Buddha tepat di bulan Agustus dalam rangka hari Kemerdekaan, dan khususnya Umat Buddha yang masih memegang erat tradisi Tionghoa, di mana di bulan Cit Gwee, apa yang dapat dipersembahkan bagi para leluhur, dan manfaat apa yang akan diperolehnya.


Vihara Grha Buddha Manggala bekerja sama dengan Vihara Dharma Mulia mengadakan Malam Bakti Pattidana, yang dihadiri oleh dua bhikkhu anggota Sangha Theravada Indonesia, yaitu: Bhante Dhammakaro dan Bhante Ciradhammo.

Malam Bakti Pattidana pertama diadakan di Vihara Grha Buddha Manggala.



Malam Bakti Pattidana kedua diadakan di Vihara Dharma Mulia.


Sampai jumpa di agenda bulan September ...

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala