Thursday 2 April 2009

Potret Kegiatan Maret 2009

Namo Buddhaya,

Kebahagiaan dalam kebersamaan yang dikemas dalam satu program kegiatan bernama Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (8 & 9 Maret 2009) yang diselenggarakan oleh DPC PATRIA Kota Batam, nampak tersirat dalam wajah muda-mudi peserta, dari target peserta 60, ternyata yang mendaftar mencapai 113 peserta, sungguh satu apresiasi yang cukup positif dan merupakan satu langkah yang baik bagi mereka untuk mulai mengenal Buddha-dhamma dalam semangat muda.



Pada hari pertama, Minggu, 8 Maret 2009, waktu menunjukkan pukul 08:30 pagi hari, para peserta mulai berdatangan, tepat pukul 09:30 acara dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh Bpk. Sudir selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kota Batam, Romo Santoso selaku Ketua MAGABUDHI PC Kota Batam, dan Bpk. Asmin Patros selaku Dewan Kehormatan Panitia Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala, serta Sdr. Ishak selaku Ketua DPD PATRIA Propinsi Kepulauan Riau, tentu hal ini semakin menambah motivasi muda-mudi di awal acara, di mana pesan-pesan singkat yang disampaikan melalui kata sambutan, telah dapat memberikan gambaran yang cukup jelas, betapa pentingnya muda-mudi Buddhis ini, sebagai generasi penerus untuk memahami Ajaran Buddha dengan tepat, dan turut care/perhatian pada kelestarian Ajaran Buddha ini sendiri.



Penyematan tanda peserta oleh Bpk. Sudir, selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kota Batam kepada Sdr. Sumitomo.



Dengan mendatangkan dua pembicara yaitu: Romo Dharmanadi, akrab dipanggil dengan nama Ko Ayaw, dan Ko Yani Dharma, ternyata mampu menggugah semangat muda-mudi Buddhis untuk mulai bangkit, bangkit untuk segera berkarya dalam melestarikan Buddha-dhamma.
Ko Ayaw mengisi sesi acara dari pagi hingga sore, dengan diawali pemaparan, tanya-jawab, dan aneka games.



Selanjutnya di sore & malam hari, Ko Yani Dharma mengisi dua sesi, yang mana nampak sekali suasana cukup meriah, dan penuh semangat





Seusai para peserta makan malam, mereka diajak masuk ke dalam Dhammasala Utama melaksanakan Puja Bakti Bersama.





Keesokannya, pada hari Senin, 9 Maret 2009, pukul 05:00 WIB, para peserta sudah diajak untuk bangun pagi, melakukan puja-bakti di pagi hari, dan bermeditasi sejenak, dan menyegarkan badan. Kemudian pukul 06:30 WIB dengan dibimbing oleh 6 anggota DPP PATRIA sebagai fasilitator, para peserta segera menuju Pantai Ocarina ... namun ... suasana awan nampak mendung, setiba di area pantai ... hujan turun, ... namun... hal ini tak menyurutkan semangat mereka, sejenak mereka berteduh, tatkala hujan reda, permainan di pantai dilanjutkan lagi. Walaupun akhirnya hujan turun lagi, permainan di pantai terus berjalan, serasa air hujan yang turun tak menyurutkan semangat mereka, hingga akhirnya setelah selesai 2 permainan yang dikira cukup, karena pertimbangan hujan semakin lebat... dan waktu sudah menunjukkan jam makan siang, maka permainan diakhiri, dan ditutup dengan makan siang bersama di tenda-tenda pantai Ocarina, sambil berhimpit-himpitan karena sempitnya tempat berteduh di tengah guyuran hujan deras yang menghiasi pulau Batam waktu itu.





Rangkaian acara akhirnya ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada narasumber Ko Yani Dharma, dan sebelumnya Ko Ayaw telah menerima cinderamata karena harus kembali lebih dahulu ke Jakarta pada pagi harinya.

Aan selaku Ketua DPC PATRIA Kota Batam menyerahkan Cinderamata kepada Ko Yani.


Suparman selaku Ketua Panitia menyerahkan cinderamata kepada Ko Ayaw.



Segenap anggota DPC PATRIA Kota Batam, Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala, dan MAGABUDHI PC Kota Batam, menghaturkan terima kasih kepada adik-adik se-Dhamma yang telah turut serta dalam Latihan Kepemimpinan kali ini, nampak sekali dari wajah adik-adik saat itu, mereka masih penuh semangat, juga kepada kedua Narasumber yaitu: Ko Ayaw dan Ko Yani Dharma, serta segenap teman2 DPP PATRIA, kami haturkan terima kasih atas sharing & bimbingan yang telah diberikan kepada kami, harapan luhur kami berikan, semoga dengan upaya luhur bersama ini, kelak muda-mudi Buddhis di Kota Batam mampu berkarya demi kelestarian Buddha-dhamma dan kesejahteraan semua mahluk.

Di penghujung bulan Maret, kami turut bersuka cita dalam suasana perayaan Dharmasanti untuk merayakan hari Raya Kuningan & Galungan yang diselenggarakan oleh teman-teman beragama Hindu di Kota Batam.





Sampai jumpa di bulan April ini... yang tentunya acara di bulan April akan semakin marak dengan kehadiran Bhikkhu Uttamo Mahathera di Kota Batam, dalam rangka Dhammatalk Exclusive "Menanam & Menuai Berkah di Tengah Krisis Global", Jumat, 10 April 2009, pukul 13:00 - 16:00 WIB di Hotel Novotel, sekaligus dalam rangkaian menyambut Ulang Tahun Vihara Grha Buddha Manggala yang ke - 12...

Happy Birthday Vihara Grha Buddha Manggala (06 April 2009).

Anumodana.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala
&
DPC PATRIA Kota Batam