Monday 12 October 2009

Potret Kegiatan September 2009

Namo Buddhaya,

Bulan September telah kita lalui bersama, dengan melaksanakan rangkaian-rangkaian kegiatan, yang mana suasana bulan Ramadhan pun turut mewarnai kegiatan-kegiatan kami, seperti beberapa sekolah umum menyelenggarakan Pesantren Kilat, yang mana Vihara Grha Buddha Manggala diminta berpartisipasi dalam memberikan bimbingan rohani dalam rangkaian pesantren kilat. Juga yang sangat berkesan adalah para umat Buddha berduyun-duyun melaksanakan Pattidana pada Malam Bakti Pattidana 2009 yang diadakan di Vihara Grha Buddha Manggala.

1. Pesantren Kilat SMU dan SMK Kartini yang dibimbing oleh Bapak Sarjono, S.Ag dan Bapak Nardi, S.Ag



2. Latihan Meditasi pada Pesantren Kilat SMK Permata Harapan
Merupakan satu berkah tersendiri bagi siswa/i SMK Permata Harapan, karena pas kebetulan Bhante Thitayanno mampir ke Batam untuk memberikan bimbingan Meditasi dalam rangkaian Pesantren Kilat.



3. Latihan Meditasi pada Pesantren Kilat SMP Negeri 12 Legenda Malaka
Buah karma baik bagi siswa-siswi SMP Negeri 12 - Legenda Malaka, di mana bisa bertemu juga dengan Bhante Thitayanno dan mendapatkan bimbingan meditasi selama 2 hari dalam rangkaian Pesantren Kilat yang diadakan di Vihara Dharma Mulia.



4. Kursus Bahasa Jepang - setiap hari Sabtu, pukul 18:30-19:30 WIB
Kursus Bahasa Jepang (free) yang dibimbing oleh Sdri. Musi Halim, yang diselenggarakan oleh Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala, sebagai wujud peran serta vihara dalam mencerdaskan masyarakat Buddhis agar timbul & berkembangnya keterampilan dalam berbahasa Jepang. Disamping itu kami juga menyelenggarakan Kursus Bahasa Mandarin setiap Minggu II & III, pukul 10:00-11:00 WIB (seusai Sekolah Minggu Buddhis).



5. Penyerahan Dana Sembako & Perlengkapan Mandi bagi Teman2 Buddhis di Lembaga Pemasyarakatan Kota Batam Kelas IIA
Seusai kami melaksanakan Pattidana 2009 di Vihara Dharma Mulia, sebagai wujud peduli kami pada teman-teman Buddhis di Lapas, kami mencoba berbagi sembako dan peralatan mandi bagi mereka. Tentu tersirat sekali kebahagiaan pada wajah mereka, sebagai ungkapan rasa bahagia yang muncul dalam hati.



6. Penyuluhan Bahaya NARKOBA bagi Siswa-siswi SMP, SMK Patria Dharma - Selat Panjang
Sesuai dengan permintaan dari pengurus Sekolah & Vihara Patria Dharma Selat Panjang, dengan mempertimbangkan kebutuhan yang mendesak akan perkembangan generasi muda yang makin dekat dengan Narkoba ketimbang dekat dengan Kemoralan Yang Baik, tentu hal ini juga menjadi bahan perhatian yang besar, dan kami dari Vihara Grha Buddha Manggala me-responnya dengan baik, dengan membantu mem-fasilitasi diadakannya Penyuluhan Bahaya Narkoba yang merupakan bagian dari tugas Vihara Grha Buddha Manggala sebagai CBU (Community Base Unit) BNN.


Juga merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat Selat Panjang, karena kedua kalinya Bhikkhu Thitayanno bisa berkunjung ke Selat Panjang untuk berbagi Pengetahuan Dhamma, juga pada kunjungan kedua ini ditemani oleh seorang dokter muda yaitu dr. Fisher Iwan, Sp.RM yang senantiasa tak kenal lelah untuk membagi ilmu & dedikasinya bagi masyarakat umum, dan khususnya umat Buddha.



7. Malam Bakti PATTIDANA 2009 di Vihara Grha Buddha Manggala
Dengan semangat bakti yang cukup tinggi kepada orang tua & leluhur, tentu hal inilah yang menggugah umat Buddha untuk senantiasa selalu memberikan Yang Terbaik bagi sanak keluarga yang telah mendahului, juga para pahlawan Republik Indonesia.


Upacara Pattidana tahun ini, diadakan dengan nuansa yang berbeda, kami memulai pada pukul lima sore, tatkala suasana matahari terbenam, alunan paritta dikumandangkan oleh umat Buddha, dan Bhante Thitayanno memimpin pembacaan Paritta untuk Upacara Pelimpahan Jasa. Dalam uraian Dhamma yang disampaikan oleh Bhante Thitayanno, latar belakang Pattidana dalam agama Buddha memiliki korelasi dengan momen Tradisi Tionghoa dalam bulan Tujuh kalender Imlek (Cit Gwee), yaitu pelaksanaan upacara Cau Du atau Cio Ko.



8. Pesantren Kilat SD Putera Batam di Cetiya Manggala Utama - Batu Aji
Suasana pagi hari yang cerah tentu membawa rasa bahagia bagi adik-adik siswa/i SD Putera Batam, mereka tiba di Cetiya Manggala Utama untuk mengikuti Pesantren Kilat bersama PMd. Suwarno.


Dua siswa mewakili menyanyikan lagu Buddhis, dan sungguh semangat sekali teman-temannya turut menyanyikan lagu "Meditasi".


9. Kunjungan ke Vihara Dharma Bakti - Pulau Belakang Padang



10. Puja Bakti Umum bersama Bhante Atimedho
Melalui pesan-pesan Dhamma yang disampaikan oleh Bhante Atimedho, para umat Buddha diharapkan agar bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berbuat baik untuk diri sendiri, untuk orang lain, dan semua mahluk, setiap detik adalah sangat berharga, dalam bahasa umum "time is money" tetapi jauh dari itu.. waktu akan menjadi lebih berharga bisa kita bisa berguna bagi orang lain untuk kesejahteraan bersama, maju bersama dalam Dhamma.



Demikianlah rangkaian kegiatan kami di bulan September... yang telah kami laksanakan bersama-sama umat Buddha dalam upaya bersama untuk meningkatkan kemajuan batin, bersama-sama mencapai Nibbana.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala