Sunday 27 January 2008

Agenda di bulan Februari 2008

Namo Buddhaya,

Bulan Februari akan segera tiba, di mana seperti biasanya, salah satu hari besar Agama Buddha yaitu MAGHA PUJA senantiasa jatuh bersamaan dengan Perayaan Cap Go Meh, di mana berduyun2 warga Tiong Hoa merayakan hari ke-15 di tahun baru Imlek, sedangkan MAGHA PUJA sendiri bermakna sebagai sebuah peristiwa yang unik sekali, yaitu hari Purnama Siddhi di bulan Magha, di mana Yang Maha Suci Sang Samma Sambuddha Gotama membabarkan Ovada Patimokkha yang mempunyai 4 ciri dalam Pertemuan Agung Nan Suci, diantaranya:
1. Berkumpulnya 1250 bhikkhu murid Sang Buddha di satu tempat, dan berasal dari segala penjuru,
2. Para Bhikkhu tersebut semuanya telah mencapai tingkat Arahat,
3. Mereka ditahbiskan sendiri oleh Sang Buddha dengan cara Ehi Bhikkhu Upasampada,
4. Mereka hadir tanpa diundang dan tanpa kesepakatan.



Ovada Patimokkha merupakan merupakan ringkasan dari 227 peraturan para bhikkhu, dan Sang Buddha membabarkan kembali kepada para murid-Nya tersebut.

Tentu hal ini akan mengingatkan kita kembali, begitu perhatiannya Sang Buddha terhadap para muridnya, untuk senantiasa berpegang pada Dhamma dan Vinaya, dan khusus bagi para bhikkhu untuk senantiasa TEGUH dan TEKUN dalam menjalankan SILA (peraturan-peraturan Ke-Bhikkhu-an).

Kali ini Vihara Graha Buddha Manggala akan mencoba memberikan PELAYANAN TERBAIK bagi umat Buddha, kami akan meng-kolaborasi-kan dua perayaan besar yaitu:
1. MAGHA PUJA sebagai Hari Besar Agama Buddha,
2. CAP GO MEH sebagai Perayaan Mengawali Tahun Baru Imlek.

Kami mengundang rekan-rekan se-Dhamma dan seluruh umat Buddha, serta simpatisan Buddhis, untuk turut hadir di acara
1. Talk-show Detak Naga Timur "Imlek & Agama Buddha, dan Makna MAGHA Puja", pada hari Sabtu, 16 Februari 2008, pukul 11:00-12:00 WIB. Mari kita bersama-sama mendengarkan diskusi santai di Radio Era Baru 106.5 FM, yang akan dipandu oleh Sdri. Dede (Josephine Tan Diana), kru dari Radio Era Baru, dan Sdri. Ruri, dari Harian Pagi Tribun Batam, bersama pula dengan Bhante Thitayanno dan Artis Buddhis CANDANI.
Sungguh satu langkah pelayanan yang luar biasa bagi umat Buddha, dan masyarakat kota Batam pada umumnya, di mana umat Buddha akan mendapatkan informasi dan pengetahuan Dhamma melalui siaran radio.


2. PINDAPATA bersama Bhante Thitayanno,pada hari Minggu, 17 Februari 2008, pukul 08:00 - 09:00 WIB, di mana Bhante Thitayanno akan berjalan keliling di perumahan Baloi Mas Permai dan Anggrek Permai, untuk memberikan kesempatan bagi para umat Buddha melakukan dana makanan secara langsung.

3. Bakti Sosial Imlek 2559
Menjadi satu kebiasaan yang baik, di mana Vihara Graha Buddha Manggala akan mengadakan Bakti Sosial dengan beberapa sasaran yaitu:
- warga Tionghoa
- warga Buddhis, dan
- warga masyarakat umum yang bertaraf hidup rendah
Bakti Sosial ini akan dikemas dalam bentuk pemberian sembako, dan bagi warga Buddhis akan mendapatkan pula buku-buku Dhamma dan CD-CD Buddhis.

Kami akan membuka kotak dana dalam bentuk dua paket dana, antara lain:
- paket sembako A @Rp. 50.000,-
- paket sembako & Dhamma-dana B @Rp. 100.000,-

Keseluruhan paket2 sembako tersebut akan kami danakan pada hari Minggu, 17 Februari 2008, pukul 13:00 WIB, bersama-sama dengan Bhante Thitayanno dan artis Buddhis Candani, di mana pada kesempatan yang baik ini... teman2 kita akan mendapatkan satu kesempatan mendengarkan ceramah Dhamma nan singkat dari Bhante Thitayanno, dan penghiburan lagu-lagu Buddhis yang ceria dari Candani.

Kota Dana Sembako IMLEK, dapat anda salurkan dengan dua cara:
3.a. memberikan dana cash langsung kepada Pengurus Dayaka Sabha Vihara Graha Buddha Manggala, yaitu:
- Romo Santoso (081536001415),
- Romo Suwarno (08127020450),
- Upa. Heriyani (0811697559).
3.b. atau dengan transfer dana Rekening BCA, an. Suwarno, no.rek: 3403210079, setelah melakukan transfer dana, harap meng-fax bukti transfer ke no. telp: 0778-472163, atau menunjukkan bukti transfer ke Romo Suwarno (08127020450), di mana untuk waktu dan tempat dapat berjumpa dengan Romo Suwarno pada setiap hari Rabu pukul 19:30 - 21:00 WIB dan hari Minggu pukul 10:00-12:00 WIB, di vihara Graha Buddha Manggala.

4. PANGGUNG GEMBIRA & MAGHA PUJA
pada hari Minggu, 17 Februari 2008,
pukul 17:00 - 21:00


4.a. Panggung Gembira (pukul 17:00 - 19:00) akan menampilkan Pertunjukan Barongsai dan penampilan seorang artis Buddhis Indonesia dari Singapore, yaitu CANDANI, dengan suaranya yang merdu, dan gaya yang lincah ceria, akan mencoba menghibur kita dengan aneka lagu-lagu Imlek Mandarin juga aneka Lagu Buddhis yang merupakan karya Candani sendiri. Sungguh satu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi Vihara Graha Buddha Manggala, karena selama ini telah mampu mendatangkan artis2 Buddhis Indonesia di tengah-tengah masyarakat Buddhis Kota Batam. Oleh karenanya.. mari kita turut meramaikannya hanya dengan cara termudah yaitu turut hadir di Vihara Graha Buddha Manggala.

4.b. MAGHA PUJA 2551 BE (pukul 19:00 - 21:00), setelah kita melewati acara Panggung Gembira, kemudian kita akan memasuki suasana keheningan nan penuh muatan nilai-nilai Dhamma yang akan disampaikan dalam pembacaan sutta, gatta dan Dhammadesana yang akan dikemas dalam Upacara MAGHA PUJA.
Dhammadesana akan dibawakan oleh Bhante Thitayanno, yang khusus didatangkan dari Kota Pontianak, sehingga dalam penyampaian Dhammadesana, beliau akan mengkombinasikan dengan Bahasa Mandarin atau Tio Ciu.

Demikianlah puncak acara di bulan Februari 2008, kami dari segenap Pengurus Dayaka Sabha Vihara Graha Buddha Manggala, dan dengan didukung oleh DPC MAGABUDHI Kota Batam dan DPC PATRIA Kota Batam, mengharapkan sebesar-besarnya kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian.... semoga setelah kita mengawali tahun 2008 dengan baik, kini mari kita awali tahun Baru Imlek 2559 pula dengan baik.

Tak ketinggalan pula, kami mengucapkan "Selamat Tahun Baru Imlek 2559", GONG XI FA CAI ... semoga di tahun imlek 2559 nantinya kita semua senantiasa mendapatkan berkah kebahagiaan, kesehatan, dan kesejahteraan, sesuai dengan benih-benih kebajikan yang telah kita tanam.

Selamat Merayakan MAGHA PUJA ...



Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Graha Buddha Manggala