Monday 12 May 2008

Potret Kegiatan April 2008

Namo Buddhaya,

Tak terasa Grha Buddha Manggala telah memasuki usia 11 tahun, masa waktu 11 tahun terasa begitu singkat bagi kami dalam melayani umat Buddha sebagai wujud bakti dan pengembangan paramita (kebajikan) untuk mengembangkan Buddha-Dhamma, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi umat Buddha untuk bersama-sama maju dalam pengembangan kebajikan, sila, dan Panna.



Dalam rangka merayakan usia ke-11 ini, secara khusus Bhante Dhammadhiro hadir di Batam, beliau tinggal di Batam kurang lebih 5 hari. Sungguh satu kebahagiaan bagi umat Buddha, dapat berjumpa dengan beliau, melakukan bincang-bincang Dhamma, dan merayakan Ultah Vihara Grha Buddha Manggala yang jatuh pada tanggal 6 April 2008, namun dilaksanakan lebih awal pada tanggal 2 April 2008.



Nampak di foto Perayaan Ultah, telah hadir genap dari perwakilan:
1. MAGABUDHI oleh PMd. Santoso
2. Dayaka Sabha oleh Upc. Djarmin Sugianto
3. PATRIA oleh Sdr. Aan
4. Guru2 Sekolah Minggu oleh Ramlan, S.Ag
5. Umat Buddha diwakili oleh Sdr. Rudi


Pada hari Sabtu pagi, Bhante Dhammadhiro melaksanakan Pindapata berkeliling di perumahan Baloi Mas Perai dan Anggrek Permai, dengan dibantu oleh para anggota PATRIA, bhante dengan penuh senyum menerima dana dari para umat Buddha.

Pada tanggal 19-28 April 2008, dalam rangka menyambut Waisak, yang kerap dikenal dalam satu momen yaitu: Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD), maka kami bekerja sama dengan Vihara Dharma Mulia, kami melaksanakan sejumlah agenda Diskusi Dhamma, dan Pelatihan Meditasi bersama Bhante Suratano, yang diadakan di Vihara Dharma Mulia dan Vihara Grha Buddha Manggala.
Dalam rangka memberikan semangat dan motivasi positif bagi siswa/i SMP dan SMK Permata Harapan yang hendak menghadapi Ujian Akhir Nasional, Vihara Grha Buddha Manggala yang diwakili oleh Bhante Suratano dan PMd. Suwarno diundang secara khusus oleh pihak sekolah untuk memberikan semangat dan memimpin doa secara Buddhis, sebagai persiapan mental bagi siswa/i sekolah, dengan satu harapan semoga mereka siap menghadapi ujian baik secara materil dan spirituil. Pada kesempatan ini pula kami juga menyumbangkan Buku Komik Dhammapada Atthakata kepada perpustakaan sekolah.


Tak kelewatan pula, adik-adik Sekolah Minggu Buddhis di Vihara Grha Buddha Manggala juga dengan baik mengikuti dan mendengarkan Ceramah Dhamma oleh Bhante Suratano (27 April 2008).















Setelah itu kami melaksanakan bersama-sama Perayaan Ulang Tahun Bersama yang kerap diadakan setiap akhir bulan. Wah... cake nya sampai ada 3... sungguh enak... tunggu dulu, sebelum dipotong kue-nya tentu yang berulang tahun akan dibacakan Paritta oleh Bhante Suratano, dan menerima pemercikan air, dengan satu harapan semoga dengan bertambahnya usia, bertambah pula keyakinan pada Buddha-Dhamma, bertambah pula semangat untuk mengembangkan kebajikan dan menjaga Sila.










Siang harinya para umat melaksanakan dana makanan, dan setelah itu melaksanakan pelimpahan jasa dengan satu harapan.. Semoga Semua Mahluk Hidup Berbahagia.

Demikianlah serangkaian kegiatan di bulan April... yang sekaligus menyambut Waisak.. tentunya "to be continued"... di bulan Mei ... acaranya akan makin meriah.

Sampai jumpa di bulan Mei...