Wednesday 26 March 2008

Potret Kegiatan Februari 2008

Namo Buddhaya, dan selamat bersua kembali...

Setelah Penulis liburan pulang kampung, akhirnya dapat kembali menyajikan berita dan informasi bagi teman2 se-Dhamma sekalian...

Di bulan Februari ini, yang penuh dengan nuansa Imlek & Magha Puja, kami dari Vihara Grha Buddha Manggala memberikan satu kesempatan bagi umat Buddha untuk merayakan Cap Go Meh bersama-sama dan sekaligus Magha Puja.

Acara demi acara kami rangkai...



1. di awal bulan Februari, 5 Feb 2008, kami diundang khusus untuk menghadiri Pertemuan Konsultasi Seluruh Pengurus Vihara & Majelis Agama Buddha se-Kota Batam dengan Drs. A. Joko Wuryanto, S.SOS, M.SI AN. (Ditjen Bimas Buddha Direktur Urusan Agama dan Pendidikan Agama Buddha), yang diadakan di Vihara Budhi Bhakti, yang mana dari kami yang hadir adalah PMd. Santoso dan PMd. Suwarno.



2. Siaran Radio Detak Naga Timur "Imlek dan Magha Puja" bersama Upacarika Djarmin Sugianto, Candani, dan presenter setia kami ... Josephine "Dede" Tan Diana, di radio Era Baru FM.
Diawali dengan alunan nada merdu oleh Candani, dilanjutkan dengan berbagai pertanyaan seputar Imlek menurut agama Buddha dilontarkan oleh Dede untuk Pak Djarmin, dan yang terpenting adalah pertanyaan seputar Magha Puja.
Sungguh berbahagia sekali, kami mendapatkan satu kesempatan untuk membagi pengetahuan Dhamma bagi para pemirsa Insan Harapan Era Baru di Kota Batam.




3. Siraman Rohani Imlek di Lapas Batam, bersama Bhante Thitayanno dan Candani.
Menjadi satu kebahagiaan dan karma baik sekali bagi teman2 di Lapas, karena mereka rutin mendapatkan siraman rohani, sekaligus kerap mendapat penghiburan dari artis2 Buddhis terkenal seperti Olivia dan Candani ... berharap2 semoga kedepannya bisa jumpa dengan Meicie Wijaya ... ya berharap kan boleh :)



Candani mengawali pertemuan dengan teman2 di Lapas dengan nyanyian merdu "Jalan Nirwana". Di sesi Dhammadesana, Bhante Thitayanno menjelaskan tentang Imlek dan Magha Puja, teman2 Buddhis di Lapas ternyata banyak mendapatkan pemahaman baru tentang Imlek setelah dijelaskan oleh Bhante Thitayanno.



4. Menyambut Cap Go Meh, Bungkus-bungkus Sembako yuk !!!
Dalam rangka memulai sebuah lembaran tahun yang baru, tahun Tikus Emas di tahun 2008 ini, kami mencoba mengajak segenap umat Buddha di Kota Batam untuk mengawali dengan satu kebajikan yaitu Bakti Sosial Imlek yang kerap rutin telah kami laksanakan.
Nampak di foto, teman2 para Guru Agama Buddha dan umat saling bahu membahu menyiapkan sembako yang akan dibagikan, seperti membungkusi gula pasir, minyak, beras, dan sejumlah mie instan.

Disamping itu juga nampak pohon ang pao yang disetiap rantingnya telah tergantung sejumlah ang pao yang nantinya akan dibagi-bagikan ke para siswa/i sekolah Minggu.. aduh sungguh senangnya karna adik2 se-Dhamma akan mendapat ang-pao lhooo.



5. Pindapatta di Minggu pagi.

Bhante Thitayanno dengan lembut nan penuh perhatian berjalan menyisiri perumahan Baloi Mas Permai dan Anggrek Permai, di mana para siswa-i Sekolah Minggu Buddhis telah bersiap-siap di tempat yang telah dikomandoi oleh para guru Agama Buddha, dan nampak respon dari warga sekitar yang ternyata cukup banyak yang ingin turut serta dalam Pindapatta ini, mereka dengan spontan langsung menyerahkan dana makanan kepada Bhante yang melewati depan rumahnya.

Sungguh satu kebahagiaan bagi kami, Vihara Grha Buddha Manggala dapat memberikan satu kesempatan bagi Umat Buddha sekitar untuk mengenal satu praktek kebajikan yang wajib dilaksanakan oleh Umat Buddha dalam upaya menyokong keberadaan Sangha.





6. Sekolah Minggu Buddhis - Aneka Lomba & Hiburan bersama Candani

Seusai melaksanakan satu kebajikan - pindapatta, adik-adik sekolah Minggu Buddhis kembali ke vihara, dan memulai puja-bakti singkat, dan dihibur langsung oleh Candani dengan beberapa lagu Buddhis, nampak sekali suasana senang-ceria, apalagi setelah itu dilanjutkan dengan sejumlah aneka lomba / permainan seperti: lomba memakan krupuk nyam..nyamm.. nyam.. krenyess, lomba memecahkan balon, lomba menyusun Puzzle Buddha.. yang dipandu oleh Bapak Guru tercinta... Bpk. Lasiman dan Bpk. Danil.





7. Bakti Sosial Imlek
Minggu, 17 Feb 2008, di tengah terik-panasnya sinar matahari, kami semua berkumpul di perumahan kampung nelayan, dengan membawa sejumlah 250 bungkus sembako yang siap dibagikan, dengan dibantu oleh Kepala RW setempat, hal ini membuat lebih mudah bagi kami dalam koordinasi pembagian sembako.
Warga sekitar baik yang Buddhis dan non-Buddhis menerima dana sembako ini, di mana pembagian dilakukan untuk warga non-Buddhis dulu, lalu dilanjutkan untuk yang Buddhis, di mana teman2 Buddhis di kampung nelayan disamping menerima dana sembako, mereka juga mendapatkan sedikit wejangan Dhamma dari Bhante Thitayanno, dan bagi-bagi quiz berhadiah CD koleksi Candani dan VCD Karaoke Olivia.
Aneka pertanyaan diajukan oleh Bhante Thitayanno, Romo Santoso dan Bpk. Eko, kesemuanya mampu dijawab oleh anak-anak Buddhis yang ada... mereka ternyata telah belajar agama Buddha walaupun konon katanya buku2 pelajarannya masih terbatas.
Di akhir acara Baksos ini, kami menyempatkan foto2 bersama, dan penyerahan simbolik kepada Ketua RW setempat.




8. Puncak Acara ... "Panggung Gembira & MAGHA PUJA"
Minggu, 17 Feb 2008, Puncak acara dalam menyambut Cap Go Meh ini adalah Panggung Gembira bersama Candani ... para umat Buddha yang telah hadir dengan sabar menunggu kehadiran dua barongsai, begitu mereka tiba... sejumlah umat telah siap melihat atraksi barong sai tersebut, kali ini Vihara Grha Buddha Manggala mencoba menghadirkan dua ekor barong sai sebagai salah satu bentuk upaya untuk mengajak segenap umat Buddha warga sekitar vihara untuk turut berbahagia bersama dalam merayakan datangnya tahun baru Imlek, dengan satu harapan yang baik yaitu semoga di tahun yang baru ini, kita dapat membulatkan tekad untuk selalu mengisi hari demi hari dengan kebajikan, dan semoga kebahagiaan, kesehatan selalu menyertai kita semua.



Dua ekor barongsai beratraksi di dalam Dhammasala, memberikan penghormatan kepada Buddha-rupang, dengan gaya selayaknya seperti seekor harimau, barongsai ini mengupas dua belas buah jeruk mandarin, dan dilempar ke belakang, seraya menjadi rebutan bagi adik-adik kecil dan umat sekalian untuk meraih dan memakannya, selanjutnya barongsai tersebut beratraksi di area Panggung Gembira, yang konon nantinya akan menjadi Dhammasala yang baru di Vihara Grha Buddha Manggala (kini sedang dalam masa pembangunan).


Seusai barongsai beratraksi... Dua orang MC, Sumanto dan Rina menyambut segenap umat, dan memberikan salam ... "Namo Buddhaya & Gong Xi Fa Cai". Dilanjutkan dengan penampilan Candani dan Dona dengan nyanyian lagu2 Imlek dan lagu Buddhis. Tak kalah pula dua adik sekolah Minggu turut menyumbangkan sebuah lagu. Aneka doorprize juga dibagikan bagi umat yang telah hadir, dan dibagikan khusus oleh salah satu tokoh Buddhis di kota Batam yaitu: Bpk. Asmin Patros (Anggota DPRD Kota Batam, dan FKUB Perwakilan Buddha).


Waktu menunjukkan pukul 19 lewat, sudah waktunya kami segera memulai Upacara MAGHA PUJA, dengan dipimpin oleh Upa. Kodo Eko Prayogo, S.Ag., dan Dhammadesana oleh Bhante Thitayanno. Bhante mengupas tentang apa itu Magha Puja.











9. Rapat Konsultasi dengan seluruh Bimas Buddha se-Indonesia di Hotel Penuin-Batam. 27-29 Feb 2008. Rapat Konsultasi dibuka khusus oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kepri, dan dihadiri oleh Bpk. Cornelis Wowor, Sekretaris Dirjen Bimas Buddha, dan Bpk. Drs. A. Joko Wuryanto, S.SOS, M.SI AN.
Kami diundang khusus oleh Bapak Sudir, S.Pd selaku Pembimas Buddha Kota Batam untuk memberikan dua seminar:
1. Kekerasan dalam Rumah Tangga, diisi oleh: dr. Imelda Widjaja
2. Manajemen Keluarga, diisi oleh: PMd. Santoso


Demikianlah segenap agenda kegiatan yang telah kami laksanakan di bulan Februari 2008... Karena saking padatnya kegiatan di awal tahun, maka di bulan Maret ini .. kami rehat sejenak, semoga hal ini tidak menjadi kendala bagi kita ... untuk terus terpacu datang ke vihara Grha Buddha Manggala mengikuti sejumlah kegiatan.

Sekilas info... di bulan April mendatang ini, sejumlah kegiatan menarik akan segera kami adakan, dengan agenda utama yaitu:
1. Ulang Tahun Vihara Grha Buddha Manggala ke-11.
2. Sebulan Penghayatan Dhamma.
Tunggu info lebih lanjut ya.. karena konon dalam sebulan April ini.. akan cukup banyak bhikkhu yang hadir lho...

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala