Wednesday 27 May 2009

Potret Kegiatan April 2009

Namo Buddhaya,

Usai sudah agenda kegiatan-kegiatan kami di bulan Waisaka, melewati detik-detik Waisak dengan sedikit kelelahan, namun membawa kebahagiaan dalam batin.

Kami baru sempat meng-update potret kegiatan yang telah kami laksanakan di bulan April 2009 ini, walaupun telah lewat.. namun gema dari kegiatan bulan April masih terasa.

Demikian kami coba sajikan runtunan kegiatan-kegiatan di bulan April.
1. Pembukaan Sebulan Penghayatan Dhamma oleh Bhante Indaguno, 8 April 2009



2. Dhammatalk "Menanam & Menuai Berkah di Tengah Krisis Global" bersama Bhante Uttamo, Jumat, 10 April 2009 di Hotel Novotel Batam.
Merupakan satu kebahagiaan bagi Umat Buddha di Kota Batam & sekitarnya, tidak kurang dalam waktu 5 bulan, Bhante Uttamo berkenan hadir mengisi Dhammatalk di Kota Batam untuk kedua kalinya, yang mana dengan satu harapan Dhammatalk yang diselenggarakan di Hotel Novotel dapat diikuti oleh umat dengan kapasitas yang lebih banyak, adapun target awal adalah 500-600 peserta, namun yang hadir cukup melebihi target yaitu: 829 peserta, walaupun panitia sebelumnya telah menyediakan kursi sebanyak 1073, karena dikhawatirkan membludak. Namun satu hal yang baik, ternyata walaupun dalam suasana liburan dan pemilu, ternyata antusias Umat Buddha Kota Batam & sekitarnya cukup tinggi, rombongan dari Tanjung Pinang turut hadir meramaikan, dari Tanjung Balai Karimun, dari Tanjung Uban, bahkan ada pula umat yang khusus datang dari Jakarta.

Dhammatalk ini dibuka dengan tarian & nyanyian lagu Buddhis yang dibawakan oleh Siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis.



Dilanjutkan dengan Laporan Kegiatan oleh Ketua Panitia, Sdri. Nur Mariani, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Pembimas Buddha Provinsi Kepri, Bpk. Widya Wimamsidi, S.Ag.,M.Pd sekaligus Beliau membuka acara ini. Bhante Indaguno memimpin pembacaan doa dengan satu harapan acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.



Dhammatalk yang dipandu oleh Bpk. Asmin Patros, SH.,M.Hum, beliau cukup dikenal oleh masyarakat Kota Batam, sebagai wakil rakyat Kota Batam di DPRD Kota Batam.



Bhante Uttamo menguraikan apa itu BERKAH, dengan memilah-milah dari susunan huruf yang terangkai dari kata BERKAH itu sendiri...
B = Berbuat
E = Evaluasi
R = Referensi
K = Konsisten
A = Agama
H = Hasil

Di sesi tanya jawab, aneka pertanyaan bergulir... dari yang berkaitan dengan tema, maupun pertanyaan yang bahkan keluar dari tema, spt pertanyaan yang cukup simple.. Bhante bagaimana cara berdoa umat Buddha agar sukses di segala hal, pertanyaan seputar praktek Vegetarian bagi umat Buddha, perkembangan agama Buddha melalui bermacam-macam aliran Theravada, Mahayana, dan Tantrayana, dan bagaimana Umat Buddha menyikapi perbedaan aliran yang muncul ini.



Akhirnya tibalah di penghujung acara guna memeriahkan acara... di kesempatan yang baik ini pula... Panitia menyediakan doorprize berupa CD Lagu Pengantar Meditasi yang merupakan Karya Nyata Bhante Uttamo, pengambilan doorprize dilakukan oleh Bpk. Anas, yang juga selaku sponsor dari terselenggaranya acara ini.



Dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Bhante Uttamo, Bpk. Asmin Patros, Bpk. Widya Wimamsidi, sebagai wujud ungkapan terima kasih kami.



Pada kesempatan yang langka ini pula... Bhante Uttamo berkenan membacakan paritta kebahagiaan bagi Umat Buddha yang hadir, dengan dibantu oleh Bhante Vimaladhiro dan Bhante Indaguno memercikkan air.



Tak lupa dan Tak ketinggalan, Kami dari segenap Panitia Dhammatalk dan DPC PATRIA Kota Batam juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor & donatur yang telah mendukung terselenggaranya Dhammatalk, seperti Hotel Novotel Batam, Studio 2, Creative, PT. Royal Holiday Ind, Radio Era Baru, dan segenap pendukung acara yaitu: Yayasan Dharma Mulia, MAGABUDHI PC Kota Batam, dan Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala, Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala serta seluruh vihara/cetiya di Kota Batam.



3. Diskusi Dhamma bersama Bhante Uttamo, di Vihara Dharma Mulia, 10 April 2009 pukul 19:00-21:00 WIB



4. Dhamma for Kidz, di Vihara Grha Buddha Manggala, 11 April 2009 pukul 09:00 - 10:00 WIB



Siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis baik dari Vihara Grha Buddha Manggala, dari Vihara Amitabha, dan dari beberapa vihara lainnya berkumpul bersama, untuk turut mendengarkan uraian Dhamma yang dibawakan oleh Bhante Uttamo, dan ternyata anak-anak memberikan respon yang sangat baik, karena penyampaian Bhante Uttamo yang bisa mengena dengan bahasa anak-anak.




5. Perayaan Ulang Tahun Vihara Grha Buddha Manggala yang ke-12



6. Orientasi Pengelola Vihara di Tanjung Pinang, 26-30 April 2009
Acara Pelatihan yang digelar oleh Kanwil Depag Provinsi Kepri ini, turut menghadirkan Bhante Indaguno dan PMd. Suwarno serta Bpk. Teddy Jurnali, sebagai narasumber. Acara ini diikuti oleh sejumlah perwakilan vihara dari: Tanjung Pinang, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Uban, Natuna, Dabosingkep.



Demikianlah kegiatan2 kami di bulan April 2009, yang mana terus berlanjut di bulan Mei menyambut datangnya Purnama Sidhi di bulan Waisaka.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala