Thursday 2 July 2009

Potret Kegiatan Juni 2009

Namo Buddhaya,

Di bulan Juni, sejumlah kegiatan telah kami laksanakan, dan cukup beraneka ragam.

1. Orientasi Manajemen dan Pelayanan Vihara Tingkat Nasional, Pontianak 9-11 Juni 2009
Vihara Grha Buddha Manggala mendapatkan satu kepercayaan dari Pembimas Kepri untuk mewakili Kepulauan Riau dalam Orientasi Manajemen dan Pelayanan Vihara Tingkat Nasional, di mana PMd. Suwarno diberikan tugas langsung oleh Pembimas Buddha dan Ketua Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala, untuk mengikutinya.
Pada acara Orientasi ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Dirjen Bimas Buddha, Bpk. Budi Setiawan, Beliau memberikan pesan dan harapan, agar apa yang telah diperoleh dari masa Orientasi ini, akan menjadi gambaran bagaimana upaya jajaran Bimas Buddha bersama-sama dengan Pengurus Vihara (Dhammaduta) untuk melayani, mengayomi serta membimbing masyarakat Buddha di Indonesia dengan sebaik mungkin, dan pembenahan-pembenahan telah dilakukan, sebagai upaya peningkatan kualitas Umat Buddha.



2. Rapat Pembentukan Lembaga Pemersatu dan Pemberdaya Pemuda Antar Umat Beragama (LP3AUBI) Kota Batam
Sebagai wujud peduli & partisipasi dalam mewujudkan keharmonisan antar umat Beragama di Kota Batam, para pemuda Vihara Grha Buddha Manggala bersama-sama dengan Pemuda dari berbagai vihara di Kota Batam, turut menghadiri rapat pembentukan LP3AUBI yang dipelopori oleh Sdr. Abd. HAFID, S.Ag.,M.Pd & Sdr. Carlis. Lembaga ini dibentuk sebagai bentuk kebutuhan bersama para pemuda-pemudi lintas agama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu & Buddha) memiliki satu wadah untuk saling bersilahturahmi, melakukan kegiatan bersama guna menjalin rasa persaudaraan, dan berperan aktif dalam mewujudkan keharmonisan antar umat beragama bersama-sama dengan FKUB Kota Batam. Ketua FKUB Kota Batam sendiri sangat memberikan apresiasi yang cukup tinggi atas inisiatif bersama para pemuda Kota Batam ini, sehingga FKUB memiliki partner pemuda yang sinergis dalam mengemban tugas mewujudkan kerukunan antar umat beragama.



3. Kursus Bahasa Jepang Setiap hari Sabtu, malam minggu
Sebagai wujud upaya pelayanan Vihara Grha Buddha Manggala sebagai tempat pembelajaran yang baik dan tepat bagi Umat Buddha Kota Batam, kami menyelenggarakan Kursus Bahasa Jepang yang bisa diikuti oleh para umat Buddha, kursus ini dibimbing oleh Sdri. Musi Halim, yang cukup fasih dalam bahasa Jepang.
Kursus ini diadakan dalam dua jadwal yaitu: setiap hari Sabtu pukul 18:00-19:00 untuk Remaja & Umum dan satu bulan sekali pada minggu ke-2 seusai Sekolah Minggu Buddhis tingkat Remaja pada pukul 10:30-11:30, untuk pendaftaran dapat dilakukan setiap jadwal Sekolah Minggu Buddhis Tingkat Remaja, Vihara Grha Buddha Manggala, pukul 09:00-10:30. Kursus ini tidak dipungut biaya.



4. Pelepasan Satwa Burung ke Alam Bebas, 14 Juni 2009
Setiap awal bulan, Vihara Grha Buddha Manggala mengajak bersama-sama Umat Buddha melaksanakan Pelepasan Satwa sebagai bentuk kebajikan untuk meningkatkan cinta kasih kepada semua mahluk hidup, dan menjadikan sebagai perenungan makna dari bebasnya satwa tersebut dari kurungan, demikian pula kita hendaknya bisa membebaskan diri dari "kurungan" yang selama ini kita alami, menuju kebebasan sejati.



5. Rangkaian Pernikahan Buddhis
Dalam satu bulan Vihara Grha Buddha Manggala, mengadakan Upacara Pernikahan Buddhis, yang diantaranya:
a. Irwan & Suriana, Minggu, 14 Juni 2009 pukul 11:00-12:30
b. Verry & Rina, Kamis, 18 Juni 2009 pukul 09:00-10:30


c. Fiter Heng & Yuya, Sabtu, 20 Juni 2009 pukul 16:00-17:30
d. Gunawan & Susanti, Senin, 22 Juni 2009 pukul 19:30-21:00



Selamat menempuh hidup baru, selamat menjalani kehidupan dengan penuh kebajikan sebagai perumah tangga, semoga selalu berbahagia dalam Buddha-sasana.

6. Puja Bakti Umum bersama Bhante Suratano, Rabu, pukul 19:30-21:00
Setiap hari Rabu malam, pukul 19:30-21:00 kami mengadakan Puja Bakti Umum, dengan menggunakan pali-vacana (Paritta berbahasa Pali), dan melaksanakan meditasi sejenak, serta mendengarkan Dhamma dari para bhikkhu ataupun Pandita atau Upacarika yang telah dijadwalkan.



7. Siraman Rohani Agama Buddha di Lapas Barelang, 27 Juni 2009
Sungguh satu kebahagiaan tersendiri bagi teman2 Buddhis di Cetiya Dhamma Manggala (Lapas Barelang) karena mereka pada kali kesempatan ini memperoleh bimbingan Meditasi langsung oleh Sayadaw Ukkamsa, Beliau membimbing meditasi Buddhis yaitu Anapanasati, dan langsung mengajak teman2 Buddhis, praktek bersama, dan melimpahkan jasa kebajikan bersama dari perbuatan bajik yang telah dikembangkan selama berlatih meditasi.



Seusai berlatih meditasi.. Sayadaw Ukkamsa mengajak foto bersama.



8. Pindapata Keliling Perumahan Baloi Mas Permai
Pada hari Minggu pagi, 28 Juni 2009, di bawah sinar matahari pagi, pukul 08:00 tepat, Sayadaw Ukkamsa beranjak keluar vihara, dan melakukan pindapata keliling perumahan Baloi Mas Permai.



Seusai Pindapata, pendamping Sayadaw, Sdr. Danil membasuh kaki Sayadaw agar bersih setelah berjalan kaki, kemudian beranjak ke Dhammasala untuk bersama-sama melakukan Pattidana atau pelimpahan jasa atas kebajikan bersama yang telah dilakukan agar semua mahluk & leluhur turut berbahagia.



9. Bimbingan Meditasi untuk Anak-anak & Remaja
Anak-anak Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala sangat antusias sekali mengikuti latihan meditasi, seusai mereka membacakan pali-vacana (paritta), mereka melanjutkan dengan latihan meditasi yang dibimbing khusus oleh Sayadaw Ukkamsa.



Selanjutnya Sayadaw Ukkamsa mengajak para remaja untuk berkumpul ke depan, mendekat ke Sayadaw.. dan Sayadaw menjelaskan langkah demi langkah praktek meditasi Anapanasati.



10. Meditasi 3 hari 3 malam bersama Sayadaw Ukkamsa, 26-28 Juni 2009
Antusias Umat Buddha Kota Batam, baik warga sekitar Batam, maupun dari Burma Community sangat besar, mereka mengikuti program meditasi yang telah diatur sedemikian rupa, dan Sayadaw Ukkamsa pun tak mengenal lelah untuk mengulang dan mengulang bila ada peserta yang baru hadir untuk menjelaskan langkah-langkah dalam berlatih Anapanasati.



Berikut gambaran langkah-langkah Meditasi Buddhis, namun yang baru diajarkan ke kami adalah baru di tahap awal yaitu: Anapanasati, meditasi dengan obyek pernafasan.



11. Kunjungan DPP PATRIA, 26-28 Juni 2009
Dalam rangka Musyawarah Daerah Propinsi Kepulauan Riau, Sdr. Tanagus dan Sdr. Wiwid mampir ke Batam pada hari Jumat, untuk keesokkannya menuju ke Tj. Pinang guna mengikuti Musda PATRIA, dan sebagai hasil dari Musda PATRIA akhirnya terpilih Sdr. Ishak sebagai Ketua DPD PATRIA Propinsi Kepri.... Selamat Mengabdi kepada Sdr. Ishak, mari kita kibarkan Buddha-Dhamma dengan semangat pemuda-pemudi yang berlandaskan pada Dhamma & Vinaya.. Semoga semua mahluk berbahagia.



Usai sudah rangkaian acara di bulan Juni 2009 ini.. semoga semua mahluk turut berbahagia, berbahagia atas kebajikan bersama yang telah dilakukan ini, berbahagia atas peningkatan kualitas batin yang dibina bersama di Vihara Grha Buddha Manggala.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala