Tuesday 3 November 2009

Potret Kegiatan Oktober 2009

Namo Buddhaya,

Demikianlah yang telah kami laksanakan bersama-sama dengan Umat Buddha di Kota Batam dan sekitarnya, di bulan Oktober yang penuh sekali dengan kegiatan yang tentunya membawa manfaat bagi kemajuan batin Umat Buddha.

1. Kursus Dasar Agama Buddha - Dhammaclass I, 3-4 Oktober 2009
Dua hari diadakan dengan beragam topik yang menjadi pemahaman dasar Buddhis, bekerja sama dengan MAGABUDHI PC Kota Batam, dan DPC PATRIA Kota Batam, yaitu:
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Hukum Karma dan Tumimbal Lahir
c. Tipitaka dan bagian-bagiannya
d. Tradisi Tionghoa dan Buddha-dhamma
e. Mengenal Vinaya kebhikkhuan

Hari Pertama, bersama dengan Bpk. Cornelis Wowor, MA., yang mana acara sebelumnya dibuka oleh Bpk. Widya Wimamsidi, S.Ag., M.Pd, selaku Pembimas Hindu & Buddha Prov. Kepulauan Riau.



Bapak Cornelis Wowor, MA., cukup dikenal oleh umat Buddha, Beliau adalah sosok tokoh dalam Perkembangan Agama Buddha di Indonesia, yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kita semua, sehingga dapat mengenal Ajaran Buddha dengan baik dan tepat.



Hari Kedua dilanjutkan dengan pembicara lainnya, yang dimulai pada hari Minggu, 4 Oktober 2009, pukul 11:00 WIB yaitu:
- Bpk. Suparman, S.Ag yang menjelaskan Tipitaka Pali dan bagian-bagiannya, serta bagaimana kita mempelajarinya.
- Bpk. Cornelis Wowor, MA., yang menjelaskan tentang Hukum Karma dan Tumimbal Lahir.


- PMd. Suni (Ketua MAGABUDHI PC Kota Tanjung Pinang) , yang menjelaskan tentang relevansi Tradisi Tionghoa dengan Buddha-dhamma.
- Bpk. Sutrino, S.Ag, yang menjelaskan tentang pengenalan vinaya kebhikkhuan.


2. Orientasi Pengurus Vihara Provinsi Kepulauan Riau, 4-6 Oktober 2009
Sebagai bagian dari program rutin Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha Provinsi Kepulauan Riau, untuk pembinaan umat Buddha, kali ini menyelenggarakan Orientasi Pengurus Vihara se-Kepri, dengan segenap pembicara yaitu:
- Bpk. Djoko Wuriyanto
- Bpk. Cornelis Wowor
- dr. Fisher Iwan, Sp.RM.
- PMd. Suwarno


3. Kuliah Umum Agama Buddha "Keyakinan Dasar Umat Buddha", Senin, 5 Oktober 2009
Pada kesempatan yang baik ini, Bpk. Cornelis Wowor pun meluangkan waktu untuk mengisi di Kampus Universitas Internasional Batam, pada hari Senin, 5 Oktober 2009, pukul 18:55 - 20:00 WIB, dengan diikuti 330 mahasiswa Buddhis.


4. Dhamma on-air di Radio Era Baru 106.5 FM, topik "KATHINA", Sabtu, 10 Oktober 2009
Sebagai upaya untuk mempublikasikan rangkaian kegiatan di bulan Kathina, sekaligus menjelaskan makna Hari Kathina ke pemirsa Insan Harapan Era Baru, Vihara Grha Buddha Manggala bekerja sama dengan Radio Era Baru.


5. Penyuluhan Bahaya Narkoba untuk Tingkat Remaja, Minggu, 11 Oktober 2009
Sebagai bagian pengabdian Vihara Grha Buddha Manggala pada masyarakat, dan melaksanakan program sebagai Community Based Unit Badan Narkotika Nasional, kami mengadakan penyuluhan Bahaya Narkoba, untuk remaja-remaja Buddhis. Tentu hal ini menjadi pengetahuan yang tambahan yang sangat penting, karena mereka akan menjadi tahu bahaya narkoba sehingga menjadi tidak mau menggunakan Narkoba. Penyuluhan ini dibawakan dengan menarik oleh dr. Fisher Iwan, Sp.RM.


6. Puja Bakti Umum bersama Bhante Vimaladhiro, 14 Oktober 2009
Sebagai bagian pembinaan wilayah Kepulauan Riau, Bhikkhu Vimaladhiro hadir dan mengisi Dhammadesana pada puja bakti umum yang rutin diadakan setiap hari Rabu pukul 19:30 WIB.



7. Orientasi Keluarga Bahagia & Sejahtera (Hita Sukhaya) tingkat Provinsi Kepulauan Riau, 15-17 Oktober 2009
Kanwil Departemen Agama Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Orientasi Keluarga Bahagia & Sejahtera di Hotel Halim, Tanjung Pinang, orientasi yang diadakan selama 4 hari ini, dengan pembicara antara lain:
- Bhikkhu Indaguno
- Bapak Widya Wimamsidi, S.Ag, M.Pd
- dr. Fisher Iwan, Sp.RM.
- PMd. Suwarno
bertujuan untuk memberikan penyuluhan pada segenap peserta bagaimana mewujudkan dan membina keluarga bahagia dan sejahtera sesuai dengan Buddha-dhamma.



8. Perayaan Kathina 2553 BE - Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala, 18 Oktober 2009
Dalam kesederhanaan Perayaan Kathina di Vihara Grha Buddha Manggala, dalam hal ini Bhante Atimedho turut hadir mewakili anggota Sangha, menerima dana yang diberikan dengan tulus oleh Siswa/i Sekolah Minggu Buddhis.
Sebelumnya Bhante Atimedho menguraikan Dhamma bagi anak-anak dan remaja, bagaimana manfaat berbuat baik, bagaimana cara berbuat baik, dan apa yang bisa dilakukan di bulan Kathina.



Tentu setelah diuraikan oleh Bhante Atimedho, anak-anak penuh dengan semangat melaksanakan Sangha-dana, ada yang telah menyiapkan dari rumah, persembahan-persembahan yang patut diberikan pada Sangha, ada pula yang mempersembahkan jubah.


Perayaan Kathina semakin mengena di hati, karena Kathina di Vihara Grha Buddha Manggala juga menghadirkan dua artis Buddhis JOKY Production yaitu: SANNY dan DEWI. Masing-masing mempersembahkan lagu-lagu Buddhis, dan lagu Kathina yang mengiringi saat Siswa/i menyerahkan Sangha-dana.



9. Fang-sheng (Pelepasan Satwa ke alam bebas) Bersama Rutin Setiap Bulan, 18 Oktober 2009
Sebagai program rutin dalam melatih diri dalam kebajikan, dan cinta kasih, Vihara Grha Buddha Manggala mengajak para umat Buddha untuk melepaskan sejumlah satwa burung ke alam bebas. Pembacaan paritta dipimpin oleh Bhante Atimedho, para umat bersama-sama membacakan paritta dengan khidmat, setelah itu melepaskan satwa tersebut.



10. Donor Darah Rutin Triwulan, Minggu, 18 Oktober 2009
Sekaligus dalam rangka bulan Kathina, dan sebagai program peduli masyarakat dari Vihara Grha Buddha Manggala, kami mengadakan Donor Darah yang rutin setiap 3 bulan kami adakan bersamaan dengan momen Hari Raya Agama Buddha, yang mana kali ini dalam rangkaian bulan Kathina. Antusias para umat Buddha dalam turut membagikan darah demi keselamatan sesama perlu mendapatkan acungan jempol, karena para umat berduyun datang ke vihara untuk bersama-sama melaksanakan donor darah bersama Palang Merah Indonesia Kota Batam.



11. Perayaan KATHINA 2553 BE di Vihara Grha Buddha Manggala, Minggu, 18 Oktober 2009
Dihadiri oleh 3 bhikkhu, yaitu: Bhante Atimedho, Bhante Vimaladhiro, dan Bhante Indaguno, Perayaan Kathina berlangsung dengan khidmat, dimulai dengan penyalaan lilin dan dupa oleh Bhante Atimedho, sekaligus memimpin Namakara patha.
Permohonan sila dibacakan bersama-sama, dan dituntun oleh Bhante Vimaladhiro. Selanjutnya Dhammadesana dibawakan oleh Bhante Indaguno, yang senantiasa mengingatkan selalu kepada Umat Buddha, bahwa jadikan momen Kathina sebagai momen untuk melatih diri dalam melepas, mengurangi keserakahan, mengikis kemelekatan.



Tibalah saatnya umat berduyun-duyun, bergantian dengan penuh khidmat, memberikan persembahan dana kepada Sangha. Sangha telah memberikan kesempatan bagi kita untuk memberikan persembahan kepadanya, tentu para umat menyambutnya dengan gembira.



Sebagai perwujudan turut berbahagia atas kebajikan ini, secara simbolik dilanjutkan dengan pelimpahan jasa kepada semua mahluk, dengan pembacaan paritta oleh para bhikkhu, dan 3 perwakilan umat menuangkan air.



Seusai dengan upacara Kathina, para umat turun menuju lantai dasar, untuk menyantap hidangan malam, sambil mengikuti persembahan kreasi seni Siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala mulai dari anak-anak hingga remaja, mulai dari aneka lagu-lagu, tarian, hingga breakdance.



Tak kalah apik pula, tampil dua artis Buddhis JOKY Production yaitu: Sanny dan Dewi, yang turut mempersembahkan lagu-lagu Buddhis, dan sekaligus memperkenalkan album terbaru, "Terima KasihKu", karya cipta dari Suwanto Lukman (Medan), sungguh bagus sekali lirik dan nada dari album terbaru ini, dan tentunya kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh para umat untuk membeli album terbaru tersebut dan meminta tandatangan dari artis-nya. Hanya di Vihara Grha Buddha Manggala Batam, tentunya Umat Buddha di Batam, bisa jumpa langsung dengan artisnya, hal ini sebagai wujud peduli kami dari Vihara Grha Buddha Manggala, untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Umat Buddha itu sendiri.


Sanny dengan lagu Kathina terbarunya "Indahnya Memberi" dan "Memberi & Menerima" tentu menggugah nurani para umat Buddha, melalui lirik dan nada lagu, para umat memetik satu pelajaran penting dalam Berdana kepada Sangha.
Demikian lirik lagu "Memberi & Menerima" yang dinyanyikan oleh Sanny.
"Memberi tak berarti mengurangi,
Menerima tak lantas lupa diri,
Sesuai benih yang kita tanami,
Kelak pasti akan kita miliki,
Tiga bulan jalankan mawas diri,
Perdalam Dhamma dan sucikan pikiran,
reff:
Bhikkhu Sangha memberi kesempatan yang indah,
Menanam jasa di ladang yang subur,
Kita semua menerima dengan hati gembira,
Memberi dana di hari Kathina.
Sebelum, sesaat, dan sesudah, memberi dana kepada Sangha
Hati selalu bahagia"


12. Orientasi Penyuluh dan Guru Agama Buddha Tingkat Nasional, 20-22 Oktober 2009
Orientasi yang diikuti oleh peserta dari sejumlah daerah di penjuru nusantara, pada hari Selasa pagi, mereka telah tiba, ada yang dari Papua, Aceh, dan berbagai daerah, berkumpul bersama di Kota Batam, tepatnya di Hotel Mercure, acara dibuka Bpk. Budi Setiawan, selaku Dirjen Bimas Buddha Departemen Agama Republik Indonesia.



13. Perayaan Kathina 2553 BE di Lembaga Pemasyarakatan Kota Batam, Sabtu, 24 Oktober 2009
Dalam kesederhanaan, teman2 Buddhis di Lapas pun juga turut merayakan Kathina 2553 BE bersama dengan Bhikkhu Thitayanno. Persembahan jubah diberikan oleh dua perwakilan, dengan tulus ikhlas diberikan kepada Sangha.
Seusai Upacara Kathina, teman-teman dihibur dengan nyanyian Buddhis oleh Candani, artis Buddhis JOKY Production.



14. Perayaan Kathina 2553 BE di Cetiya Manggala Utama, Batu Aji, Minggu, 25 Oktober 2009
Dalam suasana yang cukup panas karena ruang Dhammasala yang berbentuk ruko, namun tak mengecilkan semangat umat Buddha dari daerah Batu Aji datang berduyun untuk memanfaatkan kesempatan berdana kepada Sangha ini. Bhikkhu Thitayanno pun dengan semangat menguraikan Dhamma walaupun keringat membasahi jubah beliau. Sungguh satu momen yang sangat unik nan berkesan.



15. Perayaan Kathina 2553 BE di Kampus Universitas Internasional Batam, Minggu, 25 Oktober 2009
Mahasiswa Buddhis di Kampus UIB pun tak ketinggalan dalam merayakan Kathina, mereka mengundang anggota Sangha dari Sangha Agung Indonesia dan Sangha Theravada Indonesia untuk bersama-sama menerima Sangha-dana yang diberikan dengan tulus oleh para mahasiswa UIB.



Perayaan Kathina 2553 BE di Kampus UIB pun turut dimeriahkan oleh artis Buddhis CANDANI, dengan membawakan dua lagu di awal dan di akhir acara, tentu membuat suasana tersendiri bagi mahasiswa.



16. Perayaan Kathina 2553 BE di Vihara Dharma Mulia, Minggu 25 Oktober 2009
Demikian merupakan satu berkah tersendiri bagi Umat Buddha di Kota Batam, karena Vihara Dharma Mulia mengadakan Perayaan Kathina 2553 BE dengan memohon Bhante Pannavaro untuk membabarkan Dhamma demi kebahagiaan, demi kesejahteraan semua umat dan semua mahluk. Perayaan Kathina ini dipimpin oleh enam bhikkhu dan tiga bhiksuni.
Bhante Pannavaro dalam Dhammadesana-nya mengingatkan kembali Umat Buddha untuk senantiasa selalu waspada dalam tiga hal:
- waspada pada pikiran buruk
- waspada pada keserakahan
- waspada pada kemelekatan
Juga mengingatkan umat Buddha, bahwa ada dua sisi hidup: bahagia dan duka, dalam kebahagiaan pun masih ada duka, dan itulah DUKKHA.
Oleh karenanya sebagai siswa Buddha, kita dituntun untuk selalu mawas diri, melatih sila, dan samadhi.



Seusai para umat melaksanakan Upacara Kathina, dilanjutkan dengan persembahan lagu Buddhis oleh artis Buddhis CANDANI.



Demikianlah rangkaian acara di bulan Oktober 2009. Lelah di bulan Kathina, lelah yang membawa bahagia, dan senantiasa diingatkan kembali untuk terus memberi, dan indahnya memberi.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala