Tuesday 30 March 2010

Potret Kegiatan Februari 2010

Namo Buddhaya,

Dalam bulan Februari ini, terasa nuansa bulan Imlek, dan yang terutama adalah Umat Buddha diingatkan kembali dengan momen Hari Suci di bulan MAGHA, di mana berkumpulnya kembali 1250 murid Sang Buddha yang telah mencapai pencerahan, dan kesemuanya adalah ehi-bhikkhu dan telah mencapai kesucian tingkat Arahat, dan Sang Buddha mengulang kembali Ovada Patimokkha kepada para muridnya.

Sungguh satu kebahagiaan tersendiri bagi Vihara Grha Buddha Manggala, karena dalam bulan ini, dapat memberikan andil dalam segenap acara perayaan menyambut Imlek yang digelar di Kota Batam, di antaranya:
1. Perayaan Imlek di BCS Mall bersama Ikatan Pemuda PSMTI Kota Batam, Sabtu, 6 Februari 2010


2. Aneka Games "Imlek" di Vihara Grha Buddha Manggala, Minggu, 7 Feb 2010



3. Chinese Festival, Pemerintah Kota Batam, Rabu, 10 Feb 2010.
Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala turut berpartisipasi, dengan menampilkan 1 lagu "Om Mani Padme Hum" yang dibawakan dengan sangat bagus oleh adik Nanda, cukup membuat para penonton terkagum-kagum dan terasa sekali getaran makna dari isi lagunya, sekaligus tampil kembali tarian "BOROBUDUR" oleh tim tari Sekolah Minggu Buddhis.



4. Visuddhi Upasaka-Upasika bersama Bhante Guttadhammo, Sabtu, 20 Feb 2010
Dalam ceramahnya, Bhante Guttadhammo mengingatkan kembali, bahwa menjadi Umat Buddha yang terpenting adalah bukan menambah nama dengan nama Buddhis saja, namun adalah menambah cara berpikir Buddhis, dengan menjadi umat Buddha yang baik, melatih dana, sila, dan samadhi dalam keseharian, serta mengembangkan kebijaksanaan.



5. Pembinaan Agama Buddha di Pulau Penyalai, bersama Bhante Guttadhammo, 22-23 Feb 2010
Mengarungi laut, dari Batam menuju Tj. Batu dengan lama perjalanan 1.5jam, melanjutkan perjalanan kembali menuju Pulau Penyalai dengan kapal pong-pong memakan waktu kurang lebih 3 jam, Bhante Guttadhammo dengan ditemani oleh Sdr. Danil, berangkat menuju Cetiya Setia Dharma yang terletak di Pulau Penyalai, adapun Bhante Guttadhammo adalah kunjungan ketiga kalinya dari para Bhikkhu untuk memberikan pembinaan Agama Buddha dengan baik sesuai dengan permintaan dari para Umat Buddha di pulau Penyalai, yang mana dengan kehadiran para pembabar Dhamma dirasakan besar sekali manfaatnya untuk bisa belajar Agama Buddha.



6. Musyawarah Cabang DPC PATRIA Kota Batam, Sabtu, 27 Februari 2010


7. Pelantikan DPC Pemuda Theravada Indonesia (PATRIA) Kota Batam, Sabtu, 27 Februari 2010


Seusai melaksanakan Musyawarah Cabang, segenap pengurus PATRIA yang telah terbentuk, mengukuh tekadnya dengan jauh lebih mantap, yaitu dengan mengadakan Upacara Pelantikan yang dihadiri oleh Bhante Guttadhammo, Bhante Suratano selaku Upa-padesanayaka Wilaya Kepri, Bpk. Sudir selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kota Batam, dan PMd. Santoso sebagai Ketua PC MAGABUDHI Kota Batam.



8. Perayaan Ulang Tahun Eksklusif untuk Sdr. Leman, Sabtu, 27 Feb 2010
Kami ucapkan "selamat ulang tahun... teman, semoga selalu sehat dan bahagia, terus maju dalam Buddha-dhamma"



9. Perayaan Ulang Tahun Bersama di Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala, Minggu, 28 Februari 2010
Tentu menjadi kebahagiaan sendiri bagi adik2 Sekolah Minggu Buddhis di Vihara Grha Buddha Manggala, karena di bulan yang berbahagia mendapatkan kesempatan bersama-sama merayakan ultah-nya, sekaligus membacakan paritta bersama-sama dengan kakak-kakak pembina.



Selanjutnya adalah rangkaian Magha Puja yang telah dilaksanakan secara beruntun yaitu:
10. Peringatan MAGHA PUJA 2553 BE di Cetiya Manggala Utama, Batu Aji, Kota Batam, Minggu 28 Feb 2010



Seusai puja bakti, para umat memberikan dana makanan, sekaligus merayakan ulang tahun bersama.



11. Peringatan MAGHA PUJA 2553 BE di Vihara Grha Buddha Manggala, Minggu, 28 Feb 2010


Menjelang pukul 17:00, para umat Buddha telah berkumpul, dan siap untuk melaksanakan Puja-bakti dalam rangka Peringatan MAGHA PUJA, di mana setelah Bhante Guttadhammo memasuki Dhammasala, Bhante memimpin Padakkhina yang diikuti oleh para umat Buddha, yang selanjutnya kembali ke Dhammasala lagi, untuk membacakan gatha, sutta dan paritta, serta bermeditasi, mendengarkan uraian Dhamma yang disampaikan oleh Bhante Guttadhammo.



12. Perayaan Cap Go Meh di Vihara Grha Buddha Manggala, Minggu, 28 Feb 2010



Dengan menampilkan aneka ragam acara yang merupakan kreasi seni dan bakat dari Pembina dan Siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala.



13. Peringatan MAGHA PUJA 2553 BE di Tanjung Uban



Demikianlah rangkaian selama bulan Februari 2010, semoga menggugah para Umat Buddha, untuk terus tetap semangat belajar Buddha-dhamma, terus meningkatkan kualitas diri dalam kebajikan dan kebijaksanaan.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala