Tuesday 30 March 2010

Potret Kegiatan Januari 2010

Namo Buddhaya,

Di bulan Januari 2010, mengawali tahun baru di tahun 2010, Vihara Grha Buddha Manggala bersama-sama dengan MAGABUDHI PC Kota Batam, dan DPC PATRIA Kota Batam saling membahu telah melaksanakan serangkaian kegiatan selama 1 bulan yang bisa dibilang sangat padat.

1. Turut berbahagia dalam Pernikahan Ishak (Ketua DPD PATRIA Prov. Kepulauan Riau) & Faliani (Minggu, 3 Januari 2010) di Kota Tanjung Pinang.



2. Aneka Permainan dalam Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala



3. Siaran Radio di Radio Era Baru 106.5 FM, Talkshow "Mengenang GUS DUR", Sabtu 9 Januari 2010



4. Pembukaan kotak pembungkus Patung Arahatta Sivali,Minggu, 10 Januari 2010



5. Peresmian Altar Arahatta Sivali, Jumat, 15 Januari 2010


Peresmian Altar Arahatta Sivali (Jumat, 17 Januari 2010), yang dibuka secara resmi oleh Bpk. Tan Boh Piu dan Ibu Heng Mui Eng, yang merupakan donatur tunggal atas dibangunnya altar ini. Sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Bhante Uttamo dalam Dhammadesana, bahwa pemujaan pada Arahatta Sivali memiliki makna tersendiri, bukan untuk mencari peruntungan namun dengan mengetahui perilaku bajik Arahatta Sivali, diharapkan para umat Buddha pun tergerak untuk berbuat bajik dengan mewujudkan sifat gemar berdana, menolong sesama tanpa pamrih dan gigih dalam usaha pencapaian kesucian.



6. Dhamma-on air, Talk-show ”Hidup & Keyakinan” (Jumat, 17 Januari 2010)
Dhamma on-air di Radio Era Baru 106.5 FM, Talk-show ”Hidup & Keyakinan” (Jumat, 17 Januari 2010 pukul 22:00-23:30 WIB) bersama Bhante Uttamo, yang dipandu oleh Sdr. Irman (Bpk. Raymond), di tengah keheningan malam, Bhante Uttamo memaparkan makna penting dalam menjalani hidup, dan perlunya keyakinan yang benar dalam mengarungi gelombang kehidupan yang silih berganti dipenuhi suka dan duka.



7. Kunjungan ke Vihara-vihara di Kota Tanjung Pinang, Sabtu, 16 Januari 2010
Keesokannya, kami melanjutkan perjalanan menuju Kota Tanjung Pinang yang berjarak kurang lebih 1 jam dengan perjalanan kapal feri, kami segera bergerak menuju di mana sedang dibangunnya Vihara Guna Vijaya, dengan satu misi mulia, demi pengembangan Dhamma di bumi Kepulauan Riau, akan segera terwujud vihara yang dicita-citakan bersama oleh segenap masyarakat Buddhis di Kota Tanjung Pinang khususnya.



Kemudian kami menyempatkan pula berkunjung ke Vihara Avalokitesvara, dan Buddhayana Center.




8. Dhammatalk "Buddha-Dhamma dalam kehidupan Sehari-hari", Tanjung Pinang, 16 Januari 2010
Selanjut pada malam harinya Bhante Uttamo memberikan ulasan yang sangat menarik dihadapan 400 umat Buddha yang memadati Ballroom Hotel Plaza di Kota Tanjung Pinang dalam Dhammatalk ”Buddha Dhamma dalam Kehidupan Sehari-hari” (Sabtu, 16 Januari 2010) dengan dipandu moderator handal: DR. Ponijan Liaw, MBA, M.Pd



9. Dhammatalk ”Mengungkap Misteri 2012 dan Kiamat Menurut Agama Buddha” (Minggu, 17 Januari 2010 di Hotel Pacific Palace) di Kota Batam


Merupakan Dhammatalk ketiga kalinya yang diadakan di Kota Batam dihadiri oleh 1600 orang dengan moderator: Bpk. Asmin Patros, SH.,M.Hum, dengan penyelenggara DPC PATRIA Kota Batam dan Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Buddha Universitas Internasional Batam.

Mengawali acara Dhammatalk, dengan dipandu oleh dua orang MC, yaitu: Sutrisno, S.Ag dan Frayanti, merupakan perpaduan yang apik, yang kemudian mempersilahkan Sdr. Aan untuk memberikan Laporan Kegiatan selaku Ketua Panitia, kemudian sambutan oleh Bpk. Sudir, S.Pd selaku Penyelenggara Bimas Buddha Kota Batam, dan dilanjutkan dengan Doa bersama yang dipimpin oleh Bhante Indaguno.



Kemudian tarian yang sungguh indah yaitu Tarian Kipas yang merupakan kreasi Siswa/i Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala.



Di kesempatan yang baik ini pula, Bpk. Asmin Patros selaku ketua kontingen Lomba Baca Kitab Suci Tipitaka perwakilan Kota Batam, menyerahkan Trophy kepada Bpk. Rudi Tan sebagai simbolik mewakili segenap umat Buddha atas prestasi yang telah diraih oleh Kontingen Batam sebagai Juara Umum tingkat Provinsi Kepulauan Riau.



Lagu Buddhis yang dibawakan oleh Pricella sebagai pemenang Lomba Lagu Buddhis II yang diadakan oleh DPC PATRIA Kota Batam.




Bhante Uttamo akhirnya mengungkapkan bahwa misteri 2012 tidak bisa diungkap, namun bila kiamat dapat diceritakan menurut kacamata Dhamma. Pesan penting yang tersirat adalah kiamat pada dasarnya adalah perpisahan, siapkah kita menghadapi kiamat itu sendiri, perlunya untuk terus mengembangkan kebajikan dalam mengisi hidup ini, dan menjaga keseimbangan antara keinginan dan kenyataan guna memperoleh kebahagiaan



Kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab ...


Hingga tibalah pada penghujung acara ...



Dan inilah wajah-wajah ceria Panitia Dhammatalk yang telah sukses dan merasakan kebahagiaannya karena telah dapat membagi Dhamma demi kemajuan bersama.



10. Kunjungan ke cetiya milik Bpk. Yakup.
Cetiya ini sangat nyaman untuk dikunjungi dan melakukan sejenak meditasi, yang sebelumnya telah dikukuhkan bersama Bhante Tejapunno, dan keesokannya Bhante Indaguno berkunjung dan bersama-sama melakukan meditasi.



11. Dhamma-talk bersama Ms. Angie Monksfield di Vihara Grha Buddha Manggala, Sabtu-Minggu, 23-24 Januari 2010
Ms. Angie Monksfield dalam kunjungan ke Batam, turut memberikan sharing Dhamma bagi teman2 di Vihara Grha Buddha Manggala, juga dengan siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis Vihara Grha Buddha Manggala.



12. Dhammatalk bersama Ms. Angie Monksfield di Kampus Universitas Internasional Batam, Minggu, 24 Januari 2010


Dalam agenda utama kunjungan ke Batam, yaitu Ms. Angie menjadi pembicara dalam Dhamma-talk yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Buddha dengan topik "What is Buddhism", sejumlah pertanyaan muncul dari para mahasiswa, terutama dalam pertanyaan tertulis.



Demikian kegiatan-kegiatan yang telah kami potret selama bulan Januari 2010, semoga membawa manfaat kemajuan batin bagi para umat Buddha di Kota Batam ini.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala