Friday 28 December 2007

Potret Kegiatan Desember 2007



Setahun telah berlalu, perjalanan kami dalam melayani umat Buddha di Kota Batam di tahun 2007, telah usai… Kini akan memasuki lembaran baru yakni lembaran tahun 2008.
Di bulan Desember 2007, kami telah mengadakan sejumlah kegiatan diantaranya:



1. Ceramah Dhamma oleh Bhante Thitayanno, pada hari Rabu, 5 Desember 2007, pukul 19:30 - 21:00 WIB

2. Diskusi Dhamma bersama Bhante Thitayanno, Bhante Santaviro, dan Bhante Vimaladhiro, pada hari Kamis, 6 Desember 2007, pukul 19:30 – 21:00 WIB

3. Latihan Meditasi bersama Bhante Thitayanno, pada hari Jumat, 7 Desember 2007, pukul 19:30 – 21:00 WIB




4. Pelantikan DPC Pemuda Theravada Indonesia Kota Batam, oleh Ketua DPD PATRIA Kepri, Sdr. Ishak, dan dihadiri oleh Ketua DPP PATRIA, Sdr. Tanagus.
Di bawah kepemimpinan Sdr. Aan dan Lie Hian, pemuda-pemudi Buddhis di Kota Batam mulai kuat mengakar, dan siap menaungi, siap memberikan panen buah kebajikan bagi umat Buddha di Kota Batam. Demikian dengan semangat pemuda ... "Jangan bimbang .. Jangan Ragu ..." untuk terus maju, maju dalam pengabdian dan pengembangan batin sesuai dengan Ajaran Buddha berdasar pada Kitab Suci TIPITAKA PALI.


5. Perayaan KATHINA PUJA 2551 BE (Sangha-Dana) di Lapas Barelang, Sabtu, 8 Desember 2007, pukul 14:00 – 16:30 WIB bersama Bhante Atimedho, Bhante Thitayanno, Bhante Khemanando, Bhante Santaviro, dan Bhante Vimaladhiro.
Suasana hening, khidmat... teman2 Buddhis di Lapas mengikuti rangkaian Kathina Puja, alunan bait Paritta Suci terdengar khidmat dan lantang, kemudian dilanjutkan dengan perenungan Nidhikandha Sutta, perenungan akan manfaat mengumpulkan harta kebajikan, selanjutnya meditasi yang dibimbing oleh Bhante Thitayanno, dan Dhammadesana oleh Bhante Atimedho selaku Padesanayaka Wilayah Kepulauan Riau.
Puncak acara Perayaan Kathina Puja diakhiri dengan melakukan Sangha-Dana berupa jubah bhikkhu, yang diserahkan kepada lima bhikkhu yang mewakili Sangha Theravada Indonesia.


6. Pindapata di Perumahan Baloi Mas Permai dan Anggrek Permai, pada hari Minggu, 9 Desember 2007, pukul 08:00 – 09:00 bersama Bhante Khemanando, Bhante Santaviro, dan Bhante Vimaladhiro. Para umat Buddha dan siswa/i Sekolah Minggu Buddhis yang tinggal di sekeliling perumahan ternyata sangat antusias sekali, dengan hormat mereka menyerahkan dana makanan kepada para bhikkhu, dan melakukan anjali sembari memberikan penghormatan. Setelah itu para umat melakukan pelimpahan jasa, sebagai wujud bakti kepada para leluhur dan semua mahluk untuk turut berbahagia atas kebajikan yang telah baru saja mereka lakukan dalam kegiatan Pindapata.


7. Perayaan KATHINA PUJA 2551 BE (Sangha-Dana) di Sekolah Minggu Buddhis, Minggu, 9 Desember 2007, pukul 09:30 – 11:00. Suasana ceria nampak di wajah siswa/i sekolah Minggu Buddhis, sangat jarang sekali mereka menjumpai para bhikkhu, apalagi memberikan dana jubah secara langsung. Dengan didampingi para orang tua, mereka melaksanakan Sangha-Dana dengan khidmat.
Setelah itu mereka menikmati hiburan Nyanyian Lagu Buddhis bersama artis Buddhis, CANDANI.


8. Perayaan KATHINA PUJA 2551 BE (Sangha-Dana) untuk Umum, Minggu, 9 Desember 2007, pukul 18:00 – 21:00 WIB. Acara dimulai pukul 18:00 saat petang hari ... dibuka dengan nyanyian dari Trio Cilik Sekolah Minggu Buddhis, lalu Paduan Suara dari teman2 PATRIA, tak lama kemudian bintang utama yang merupakan Artis Buddhis Indonesia muncul, yaitu: OLIVIA YUNITA dan CANDANI. Olivia kerap dipanggil Oliv dengan merdu membawakan lagu ”Terima Kasih Buddha”, lalu Candani dengan album terbarunya ”BersamaMu”. Umat yang hadir mencapai kurang lebih 200 umat, mereka duduk sambil menyantap dinner, menikmati lagu2 Buddhis yang dinyanyikan oleh dua artis tenar tersebut.
Dipojok belakang juga telah disediakan counter Buddhist Shop atau Bursa Buddhis yang menjual aneka CD-CD lagu Buddhis, CD Ceramah Dhamma, aneka pernik2 Buddhis.

Tak lama kemudian waktu menunjukkan pukul 19:00, tiba saatnya Perayaan KATHINA PUJA dimulai.. walaupun ada sedikit kendala teknis, akhirnya dapat teratasi ... perayaan diikuti dengan khidmat oleh para umat Buddha. Pada sesi Dhammadesana yang diisi oleh Bhante Thitayanno, para umat menyimak dengan baik, Bhante menjelaskan asal-usul Kathina.
Tiba saatnya umat melaksanakan Sangha-Dana, dengan penuh semangat para umat berbaris untuk menyerahkan Sangha-Dana berupa jubah, obat-obatan, dan dana materi guna menyokong kehidupan para anggota Sangha Theravada Indonesia, yang mana diwakili oleh lima bhikkhu yaitu: Bhante Atimedho, Bhante Thitayanno, Bhante Khemanando, Bhante Santaviro dan Bhante Vimaladhiro.
Para umat Buddha menyampaikan banyak terima kasih dan SUKSESSS !!! kepada kami semua para panitia Perayaan Kathina yang terdiri dari: Dayaka Sabha Graha Buddha Manggala, MAGABUDHI dan PATRIA.


9. Kuliah Agama Buddha dibawakan oleh Bhante Khemanando di Kampus UIB (Senin, 10 Desember 2007). Bhante menyampaikan topik sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan di kampus UIB. Dengan kehadiran Bhante Khemanando di Kampus UIB, dan memberikan Dhamma-Class tentu memberikan suasana yang berbeda bagi Mahasiswa/i Buddhis, mereka menjadi lebih kenal sosok seorang bhikkhu seperti apa, dan bisa langsung mendengar dan berdiskusi Dhamma dengan seorang Bhikkhu.










10. Di akhir bulan Desember 2007, ternyata Graha Buddha Manggala & Vihara Dharma Mulia masih memberikan kesempatan yang sangat baik bagi Umat Buddha untuk menanam kebajikan, melalui mengikuti Ceramah Dhamma, Diskusi Dhamma dan Latihan Meditasi bersama Bhante Guttadhammo. Bhante dengan style-nya yang santai dan penuh tawa... beliau mampu menyampaikan uraian Dhamma dengan menarik dan mengena.

11. Kunjungan Kasih ke General Hospital, Bhante Guttadhammo bersama rombongan melakukan kunjungan kasih ke General Hospital, untuk membacakan Paritta Kesembuhan bagi Ibu Lenny (istri Bapak David Ricardo). Semoga dengan kekuatan Keyakinan pada Sang Tiratana (Buddha-Dhamma-Sangha) dan kekuatan Kebajikan yang telah dilakukan oleh Ibu Lenny dan Keluarga, semoga membuahkan kesembuhan, semoga mendapatkan obat, dokter, dan perawatan yang baik, sehingga cepat sembuh dan pulih kembali, serta dapat melakukan aktivitas seperti sedia kala, dan terus memberikan pengabdian kepada Buddha-Sasana.

Demikian rangkaian acara di penghujung tahun 2007 ... Selamat tinggal tahun 2007 ... Selamat Datang tahun 2008 ...

Mari kita buka lembaran baru di tahun 2008, mari kita isi lembaran baru tersebut dengan aneka kegiatan positif bagi diri kita, keluarga, dan masyarakat dengan selalu menyimak, dan berpartisipasi aktif di dalam Buddha-Sasana, yaitu tepatnya di Graha Buddha Manggala, yang diharapkan dapat menjadi satu wadah bagi umat Buddha di Kota Batam untuk melatih diri dalam Pengendalian dan Kebajikan guna mengantarkan kita semua ke Pantai Bahagia.... sadhu-sadhu-sadhu....

Sampai jumpa di tahun 2008 ...
Dan dicatat baik2.. karena di awal tahun 2008.. ternyata Graha Buddha Manggala telah menyiapkan segudang acara yang penuh dengan muatan Dhamma yaitu:
1. tgl 8 - 12 Januari 2008 bersama Bhante Dhammavudho dan Bhante Jutipanno.
2. tgl 12 - 13 Januari 2008 bersama Bhante Saddhaviro & Dr. Fisher, Sp.RM.
3. tgl 13 Januari 2008 bersama Andrie Wongso

Semoga semua mahluk berbahagia !!!