Tuesday 24 June 2008

Potret Pembangunan Juni 2008

Namo Buddhaya,

Setelah sekian lama.. 4 bulan semenjak dari bulan Januari 2008, kali ini kami mencoba meng-update kembali progress pembangunan yang telah berjalan hingga Juni 2008.



Kami menghaturkan banyak terima kasih dan turut mengungkapkan rasa kebahagiaan dengan berucap.. anumodana ... kepada sejumlah donatur yang telah turut menyumbangkan DANA baik secara materi, tenaga, dan ide-ide demi berjalannya roda pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala.

Dana Keuangan memang menjadi kendala utama, apalagi didukung dengan kondisi perekonomian saat ini di mana sejumlah bahan bangunan meningkat drastis biayanya... Namun kami tetap berupaya terus bagaimana supaya pembangunan tetap berjalan.

Karma Baik Vihara Grha Buddha Manggala telah berbuah, dengan dibantunya secara penuh oleh Bapak Johan dalam pembangunan Dhammasala, beliau telah menyatakan bersedia membantu pembangunan dengan berdana pemasangan plafon untuk keseluruhan Dhammasala, berikut juga dengan keramik lantai Dhammasala, plus keramik lantai dasar (di bawah Dhammasala).



Karma Baik Vihara Grha Buddha Manggala juga kembali berbuah, Bapak Teddy Jurnali memberikan dana berupa peralatan listrik untuk Wisma Dayaka sehingga kini telah bisa digunakan oleh para guru-guru Agama Buddha dan anggota Dayaka Sabha yang tinggal di vihara, juga memberikan dana berupa peralatan penyediaan air bersih di vihara, seperti tandon air dua buah, beserta pompa air, di mana diharapkan dapat mensuplai air bersih yang akan digunakan oleh para umat Buddha dan para Bhikkhu yang tinggal di vihara.



Karma Baik Vihara Grha Buddha Manggala juga terus berbuah... di mana sejumlah dana masuk ke dalam rekening pembangunan secara kontinyu dari para donatur seperti:
- Chandra Paulina,
- Irwanto,
- dan para donatur di kota Batam yang setiap bulannya kontinyu menyisihkan dananya untuk pembangunan, dengan menyetorkan ke Bendahara Pembangunan (Ibu Yani).

Menjadi satu pengharapan yang baik, dan luhur dari kami segenap Panitia Pembangunan yaitu kami akan MENYELESAIKAN Dhammasala Utama pada tahun ini, tahun 2008, dengan harapan semoga di bulan Oktober 2008 nanti, kami telah dapat merayakan Perayaan Kathina Puja bersama-sama di Dhammasala yang baru.... Semoga demikian adanya ....

Kami juga berusaha untuk menyelesaikan Perpustakaan yang nantinya akan difungsikan untuk menyediakan buku-buku koleksi Kitab Suci Tipitaka Pali (terjemahan baik Indonesia dan Bahasa Inggris), menyediakan buku-buku Dhamma, dan koleksi aneka CD-CD Ceramah, Diskusi Agama Buddha.



Upaya pembangunan yang bisa berjalan paralel yang sifat urgent, di mana kami akan mencoba menggalang dana untuk pembuatan pagar depan, dengan perspektif gambar sebagai berikut versus aktual saat ini ....


sekaligus juga jalan yang menghubungkan antara bangunan Dhammasala dan Wisma Dayaka, dikarenakan perlunya jalan yang tidak becek (berair) dan beratap bagi umat, apabila ingin menuju toilet umum dan dapur umum yang berada di bangunan Wisma Dayaka.



Dengan gambar perspektif di bawah ini juga... bisa kita lihat tanda panah yang menghubungkan antara Wisma Dayaka dan Dhammasala, yang nantinya akan kami coba targetkan lebih dulu untuk dibuatkan jalan beratap supaya para umat mudah berjalan menuju ke Wisma apabila ada keperluan ke toilet atau ke dapur.
Namun kami juga membuka kesempatan bagi umat yang ingin turut berdana pemasangan jalan dalam lingkungan vihara supaya tidak becek (berair), di mana dalam perspektif gambar nampak yang berwarna abu-abu mengelilingi Bangunan Dhammasala dengan kebutuhan material alas tanah seluas kurang lebih 600 m2.


Menjadi satu ajakan yang mulia pula, semoga para donatur juga senantiasa selalu turut mendukung, tentunya dengan dasar satu pengertian benar, bahwa BERDANA menjadi satu latihan bagi diri sendiri untuk MENGIKIS kemelekatan terhadap materi, untuk menjadi satu habit-kebiasaaan berulang yang baik bagi diri-keluarga-dan masyarakat untuk peduli terhadap sesama, tentunya dengan berdirinya sebuah vihara yang "minimalis" akan membawa manfaat bagi umat Buddha untuk mengembangkan diri dalam SILA, SAMADHI dan PANNA.

Apabila anda berkenan turut berdana:
Transfer rekening bank
BCA – Bank Central Asia, Cabang Batam Centre
TAHAPAN BCA
No. Rek 821-0026038
An : DJARMIN SUGIANTO / SANTOSO


Salam metta,
Panitia Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala