Tuesday 25 November 2008

Potret Kegiatan November 2008

Namo Buddhaya,

Di bulan November ini dengan tidak terlalu banyak agenda kegiatan, namun membawa kesan bagi Umat Buddha pada umumnya, berkat partisipasi Vihara Grha Buddha Manggala dalam membantu Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha Kota Batam dan Pemerintah Kota Batam, turut menyukseskan program Pelatihan Umat Agama Buddha.

Berikut laporan kegiatan kami selama bulan November...
1. Pernikahan Buddhis dua pasangan mempelai yaitu:
a. Pasangan Sdr. Kartono dan Sdri. Susanti, mengadakan upacara pernikahan pada tanggal 9 November 2008



b. Pasangan Sdr. Rahman dan Sdri. Mery, mengadakan upacara pernikahan pada tanggal 15 November 2008

2. Agenda rutin - Sekolah Minggu Buddhis
Adik-adik Sekolah Minggu Buddhis berlatih mengenal dan menyanyikan lagu-lagu Buddhis, dipimpin oleh Bapak Suparman, S.Ag.



Remaja-remaja Buddhis diajak untuk saling berbagi, dan saling menambah pengetahuan Dhamma dengan berdiskusi langsung dengan para Guru Agama Buddha, kali ini dibimbing oleh Bapak Lasiman S.Ag.



3. Diskusi Dhamma bersama Bhante Dhammasubho, Sabtu, 15 November 2008 jam 19:30 - 21:00
Bhante Dhammasubho mencoba menyampaikan materi Pelatihan yang akan dibawakan keesokannya, sebagai upaya untuk melakukan persiapan agar materi benar-benar sempurna dibawakan dan mencoba mendapatkan masukan dari sejumlah rekan2 Buddhis.



4. Pelatihan Umat Agama Buddha th. 2008
Kali ini, Pemerintah Kota Batam menganggarkan satu kesempatan baik bagi Umat Buddha untuk mendapatkan satu pelatihan yang bertujuan agar Umat Buddha dapat lebih mengenal inti ajaran Buddha itu sendiri, dalam kaitannya dengan topik: Membina Keluarga Bahagia Sejahtera (Hita Sukhaya), dengan menunjuk Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha sebagai Panitia Pelaksana bersama-sama dengan para Mahasiswa Buddhis yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Buddha ".

Pelatihan dibuka dengan Pembacaan Dhammapada oleh Bpk. Suparman, S.Ag dan Bpk. Lasiman, S.Ag ... penulis mendapatkan satu pujian berarti dari pihak panitia penyelenggara yaitu Pemerintah Kota Batam dan yang mewakili Walikota Batam, yaitu Bapak Asisten Ekonomi dan Pembangunan... mendengarkan alunan Dhammapada serasa mendapatkan satu siraman rohani yang sangat menyentuh hati. Sungguh luar biasa manfaatnya.



Selanjutnya satu per satu, sambutan diberikan oleh Pemko Batam selaku Panitia Penyelenggara, Ketua Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha, Kepala Kantor Departemen Agama Kota Batam, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan yang mewakili Walikota Batam.



Pembacaan Doa dipimpin oleh Rama Pandita Muda Suwarno, ST. mencoba bersama-sama mengajak para Umat Buddha, pemuka Agama Buddha, dan segenap staf pemerintah untuk mengujarkan cinta kasih, dan memberikan pengharapan-pengharapan luhur demi kemajuan dan ketentraman Bangsa Indonesia.



Inilah yang ditunggu-tunggu...
Masing-masing pembicara mulai dipanggil untuk tampil di atas panggung oleh Moderator, Bpk. Ngateman, S.Ag, .. sesi pertama diisi oleh Bhante Dhammasubho dan "Mr. Po" nama panggilan akrab Drs. Ponijan Liaw, MBA, M.Pd yang merupakan pembicara utama dalam pelatihan ini.
Bhante Dhammasubho dalam pemaparannya memberikan arahan bagaimana Umat Buddha mewujudkan satu kesuksesan dalam hidup yang mencakup baik hidup sebagai pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa, hidup melalui jasmani dan batin. Disinilah peran Buddha-Dhamma, ajaran Buddha yang menjadi pedoman hidup dalam membina keluarga bahagia.
Mr. Po dengan pemaparannya "Rahasia Sukses Keluarga Bahagia dengan Komunikasi Efektif" yang penuh senyum, canda dan tawa... membuat peserta serasa turut terbawa dalam pemaparannya, banyak pujian dan kata salut disampaikan pada Panitia Pelaksana.. bahwa Pelatihan ini sangat2 menarik sekali dan membawa manfaat yang sangat baik.



Sesi Kedua diisi oleh dr. Fisher Iwan, Sp.RM dan dr. Imelda, pasangan suami-istri, yang kedua2nya berprofesi sebagai dokter, memberikan pemaparan yang logis dan bernuansa medis, sehingga sangat memberikan masukan bagi para umat Buddha sebagai pengetahuan tambahan. dr. Fisher Sp.RM memaparkan tentang bagaimana me-manage Stress dalam kehidupan Rumah Tangga, memang sebuah rumah tangga akan lepas dari stress, saat stress apa yang patut dilakukan untuk melonggarkan ketegangan tersebut. Demikian dengan dr. Imelda memberikan masukan yang berarti bagi pasangan yang akan menuju jenjang perkawinan, persiapan secara jasmaniah yang selayaknya diketahui dan dijalankan.



Sungguh satu kebahagiaan, kepercayaan besar yang diberikan oleh Pemerintah Kota Batam dan Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha kepada kami, Vihara Grha Buddha Manggala, untuk ber-kontribusi besar dalam penyelenggaraan dan kesuksesan acara ini, kami turut ber-anumodana, turut bahagia atas kesuksesan dan manfaat besar bagi masyarakat Buddhis, yang mana dengan ini telah membantu tugas Pemerintah dalam membentuk masyarakat yang Madani, yang berbudi luhur sesuai ajaran-ajaran Buddha.



Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala