Thursday 3 July 2008

Agenda di bulan Juli 2008

Namo Buddhaya,

Bulan Waisaka telah berlalu.. kini lembaran bulan Asadha mulai terbuka...
Bulan ini mengingatkan kita umat Buddha, pada satu peristiwa penting sekitar lebih dari 2500 tahun yang lalu.. yaitu peristiwa agung, Pembabaran Dhamma yang pertama kali, yaitu Sang Buddha membabarkan Dhamma pertama kali tepat setelah dua bulan mencapai Pencerahan Sempurna (Nibbana).



Asādha (Sansekerta) atau Asālha (Pali) adalah nama bulan yang bertepatan dengan bulan Juli atau Agustus. Hari bulan purnama dalam bulan Asādha adalah hari dimana Sammasambuddha Gotama membabarkan Ajaran untuk pertama kali kepada lima orang pertapa yang bernama Kondañña, Bhaddiya, Vappa, Mahānama, dan Assaji di Taman Rusa Isipatana pada tahun 588 Sebelum Masehi, yang kerap dikenal dengan DHAMMACAKKAPPAVATTANA, di mana kita sebagai umat Buddha menjadi teringat akan salah satu sumber tertulis dalam Tipitaka Pali yaitu: DHAMMACAKKAPPAVATTANA SUTTA. Sang Buddha menjelaskan inti dari Ajaran Buddha yaitu Empat Kesunyataan Mulia dan Jalan Mulia Berunsur Delapan... semenjak itulah RODA DHAMMA telah berputar.



Dengan dibabarkannya Dhamma pertama kali kepada lima murid pertama atau disebut dengan Panca Vagghiya Bhikkhu, maka semenjak tahun 588 SM itulah Sangha pertama kali terbentuk.

Sehingga lengkaplah terbentuk BUDDHA-DHAMMA-SANGHA.

Sungguh satu kebahagiaan tersendiri bagi kita umat Buddha, yang masih mendengar, yang masih mengenal Ajaran Buddha, dan yang masih & akan terus mempraktekkan Ajaran Buddha.. Ajaran Buddha meskipun dibilang tua secara umur, namun secara ajaran ternyata masih sejalan dengan perkembangan jaman hingga era saat ini, itulah sifat Dhamma, tak terbatas oleh waktu dan ruang.

Demikian satu ajakan yang mulia ini, kami haturkan kepada segenap umat Buddha, untuk turut hadir dalam Peringatan Asadha, atau Asadha Puja yang akan dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal : Minggu, 20 Juli 2008
Pukul : 18:00 - 21:00
Tempat : Dhammasala - Vihara Grha Buddha Manggala
Perum Baloi Mas Permai, RT 03 / RW 06, Batu Batam
Batam (belakang Indomobil)
Ceramah Dhamma oleh : Bhikkhu Suhadayo



catatan: Bhikkhu Vimaladhiro digantikan oleh Bhikkhu Suhadayo, karena Bhikkhu Vimaladhiro harus menjalankan tugas di Palembang.


Adapun jadwal kegiatan seputar Asadha, kami juga menyelenggarakan:
1. Siraman Rohani Agama Buddha di Lapas Barelang, Sabtu, 19 Juli 2008 bersama Bhante Vimaladhiro
2. Pindapatta Keliling Perumahan Baloi Mas Permai dan Anggrek Permai, pada hari Minggu, 20 Juli 2008, pukul 08:00 - 09:00
3. Sekolah Minggu Buddhis tingkat SD-SMP-SMA/SMK, dengan tema: "ASADHA"
4. Dhamma on Air; Minggu, 20 Juli 2008, jam 10:00-11:00 WIB; Siaran Radio di Radio Era Baru, 106.5 FM, bersama Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala, topik : "ASADHA 2552 BE"

Demikian ajakan mulia kami, semoga Saudara/i se-Dhamma berkenan turut hadir dan berpartisipasi dalam memperingati bersama akan makna penting ASADHA.

Selamat Hari Asadha 2552 BE / th. 2008.
Semoga Sang Tiratana selalu menjadi Perlindungan bagi kita semua.
Semoga Semua mahluk hidup berbahagia.

Salam metta,
Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala