Monday 28 July 2008

Laporan Dana Pembangunan th. 2008

Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr-i se-Dhamma

Namo Buddhaya,

Tahun 2008 merupakan tahun ketiga kami telah berkiprah dalam mengembangkan Ajaran Buddha di Kota Batam tepatnya di Perumahan Baloi Mas Permai Batu Batam.
Suka-duka telah kami lalui, Naik-turun semangat kami senantiasa jaga demi keseimbangan jalannya pembangunan, tentunya dengan berbekal pada Pengertian Benar, dan Daya Upaya Benar.

Kami telah mengantarkan Vihara Grha Buddha Manggala dengan baik, dan terwujud, sehingga vihara ini menjadi tempat yang layak fungsi, sebagaimana sebuah vihara, yang nantinya roda pemutaran Dhamma dapat diputar oleh teman2 yang tergabung dalam Dayaka Sabha Vihara Grha Buddha Manggala.

Selama kurun waktu satu tahun, kami telah memiliki sebuah progress yang cukup baik dan berarti yaitu:
1. Dhammasala Utama telah selesai dicor, dan dilakukan pemasangan plafon & keramik lantai, yang merupakan dana dari Bapak Djohan.
2. Wisma Dayaka telah ditinggali oleh para Guru Agama Buddha yaitu: Ramelan, S.Ag, Suparman, S.Ag, Lasiman, S.Ag, Sumanto, S.Ag, Yudi, dan Daniel Winarta.
3. Pembuatan altar untuk Buddha-rupang dan Puja
4. Pengadaan sound-system TOA melalui petunjuk Rama Pandita Muda Suni
5. Pengecatan Dinding Dhammasala.
6. Pemasangan Keramik Lantai dasar (bawah Dhammasala Utama), termasuk beberapa ruang yaitu: Perpustakaan, Sekretariatan Dayaka-MAGABUDHI-PATRIA, dan Poliklinik.
7. Pembuatan Jalan Tapak dengan memasang paving block seluas 580m2.
8. Pemasangan pagar kiri dan kanan yang merupakan dana dari Bpk. Hendra Hwang
9. Pembuatan Gapura Borobudur
10. Penyelesaian pagar samping
11. Penghijauan lingkungan vihara
12. Pemasangan jendela, dan pintu alumunium untuk Perpustakaan, kantor Sekretariat, dan Klinik Kesehatan
13. Pemasangan pintu kaca Dhammasala Utama
14. Pengurusan Ijin Pendirian Vihara

Berikut kami lampirkan rincian dana yang telah masuk ke rekening Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala pada:

Nomor Rekening: 8210026038
Atas nama: DJARMIN SUGIANTO/SANTOSO
Bank Central Asia (BCA) Cab. Batam Centre









Akhirnya Perjalanan Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala telah menyelesaikan Tahap Dua dalam proses Pembangunan, yaitu: Peresmian Vihara Grha Buddha Manggala (Dhammasala Baru) oleh Walikota Batam, Bapak Drs. H. Ahmad Dahlan dan Sanghanayaka Bhikkhu Jotidhammo Mahathera, yang telah diselenggarakan pada hari Minggu, 21 Desember 2008, jam 09:00 - 11:00 sebagai satu momen penting yang menandai TELAH LAYAK DIPERGUNAKAN bangunan yang berdiri di lokasi Kompleks Baloi Mas Permai ini, untuk dimanfaatkan sebagai tempat untuk berlatih bersama-sama dalam berbuat bajik, dan mempraktekkan Dhamma, Ajaran Buddha dalam kehidupan yang senyata-nyatanya.

Kami haturkan terima kasih sebanyak-banyaknya, dan turut ber-anumodana (berbahagia) atas kebajikan yang telah kita tanam, kita sirami, kita rawat, dan kita dapatkan buahnya bersama-sama, demi satu tujuan yang mulia yaitu: demi kebahagiaan dan kesejahteraan semua mahluk.

Selanjutnya Perjalanan Pembangunan akan memasuki babak baru di Tahun 2009, walaupun dengan segala kesederhanaan yang ada di tahun 2009 ini, proses pembangunan Tahap Ketiga yaitu Membangun Altar Puja Sivali Arahatta dan Gazebo serta penghijauan halaman belakang dapat segera TERWUJUD, tentunya dengan bersama-sama kita saling membahu, dana terkumpul sedikit demi sedikit akan menjadi bukit, maka Cita-cita Luhur kita akan segera tercapai pula.

Salam metta,
Panitia Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala