Thursday 14 August 2008

Proposal Pemasangan Paving Block - September 2008

Kepada Yth. Bapak/Ibu/Saudara-i

Namatthu Buddhassa,

Demikianlah hampir rampung pengerjaan bangunan fisik Dhammasala Utama, lantai dasar (bawah Dhammasala) telah usai terpasang, kini melanjutkan pemasangan keramik untuk Dhammasala Utama, yang mana pengerjaan pemasangan keramik ini merupakan persembahan dana dari Bapak Djohan. Kami menghaturkan terima kasih banyak, dan turut berbahagia atas segala bantuannya dalam mendukung pembangunan vihara.

Sekaligus kami juga telah menerima dana pembuatan Pagar Pintu Gerbang Kanan dan Kiri, serta Pagar Tangga Masuk ke Dhammasala Utama dari Bapak Hendra, yang mana menjadi satu tekad Beliau untuk mempersembahkan dana kebajikan ini bagi Kakek dan Neneknya. Kami menghaturkan terima kasih banyak pula, dan turut berbahagia atas kebajikan ini, semoga Pembuatan Pagar dapat berjalan lancar, dan segera terpasang sehingga memberikan satu kelengkapan bagi lingkungan vihara.

Seperti hal yang pernah kami utarakan pada info pembangunan bulan Juni lalu, bahwa kami akan segera melakukan pemasangan paving block di sekeliling vihara agar para umat dapat dengan lega dan nyaman berjalan kaki di sekeliling vihara nantinya.
Kami mencoba mencari beberapa vendor yang memang bergerak di bidang Paving Block, dan akhirnya kami berkenalan dengan Bapak Tony Chua yang cukup berpengalaman memasang paving block di beberapa vihara di Kota Batam seperti : Vihara Dharma Mulia (Legenda Malaka), dan Maha Vihara Duta Maitreya.
Perkenalan kami berlanjut, dengan satu keseriusan kami untuk mulai mengerjakan paving block ini, yang mana pada awalnya kami hendak memasang separuh dari lingkungan vihara, kami ubah menjadi seluruh keliling vihara, dengan luas total 597.975m2 dan untuk teras depan vihara yang nanti akan dipasang grass-block dengan luas total 96.20m2. Seperti tampak pada gambar berikut di bawah ini:





Bapak Tony Chua mengajukan penawaran harga sebagai berikut, termasuk di dalamnya adalah biaya pemasangan dan material pemasangan paving block, dengan perincian biaya :
1. 597.975m2 - Paving block Abu-abu 6 cm, pasir 5 cm (material berikut pasang), per m2 Rp. 85.000,- - total biaya : Rp. 50.827.875,-
2. 96.20m2 - Grass Block abu-abu 453x453x7cm, pasir 5cm (material berikut pasang), per m2 Rp. 85.000,- - total biaya : Rp. 8.177.000,-
Total Keseluruhan Penawaran Rp. 59.004.875,-
(Lima puluh sembilan juta empat ribu delapan ratus tujuh puluh lima Rupiah)

Dengan detail penawaran sebagai berikut dengan harga khusus untuk Vihara (sebagai catatan penting).



Dengan ini, kami membuka kesempatan bagi Bapak/Ibu/Saudara-i untuk turut membantu penyediaan dana untuk pemasangan paving block ini, yang kiranya akan segera kami kerjakan pada awal September 2008, yang mana kotak Dana ini akan kami buka selebar-lebarnya, dengan nomor rekening Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala sebagai berikut:


Bank Central Asia (BCA) Cabang Batam Centre
Nomor Rek. : 8210026038
Atas Nama : DJARMIN SUGIANTO / SANTOSO


Bukti transfer dapat di fax pada nomor 0778-472163
atau email langsung : swliang@yahoo.com dan djarmin_anp@yahoo.com
atau sms ke nomor : 08127020450 (PMd. Suwarno - Ketua Umum Pembangunan) atau 0811697559 (Upc. Heriyani - Bendahara)

Sesuai rencana awal, Pemasangan Paving Block akan segera dikerjakan di awal September, sepertinya tertunda sementara, dikarenakan kondisi cuaca di Kota Batam sedang tak menentu, malam hari hujan, siang panas, sore bisa hujan, bahkan pagi hari bisa hujan deras. Sesuai pengamatan Bapak Tony Chua, dan Bapak Herman, sementara menunggu hingga benar-benar cuaca sangat baik, di mana 3-4 hari tidak terjadi hujan, sehingga kondisi tanah tidak berair, sehingga bisa dilakukan pengerukan dan perataan yang sempurna.

Namun sembari menunggu cuaca yang baik, kami juga sedang menjalankan beberapa proyek antara lain (foto2 progress pembangunan, akan kami posting terpisah di Potret Pembangunan bln Agustus - September 2008):
1. Pemasangan Keramik Tangga Dhammasala (sudah hampir rampung 90%, tinggal menunggu pemasangan reling tangga)
2. Pembuatan Teras Depan
3. Pemasangan Pipa Air yang menghubungkan sumber air ke lantai 3 dengan pompa air bertenaga 250Watt (biaya Pemasangan merupakan dana dari Bapak Toni)
4. Perbaikan kabel bawah tanah yang kerap mengalami short akibat hujan beberapa pekan ini.
5. Pemasangan Plafon + partisi (pembatas Klinik dan Sekretariatan) gypsum dan jendela + pintu untuk Ruang Perpustakaan, Ruang Poliklinik, dan Ruang Sekretariatan (sesuai rencana akan dikerjakan dalam pekan ini, dengan vendor Bpk. Wong, dan diperkirakan akan memakan biaya kurang lebih 15 juta).

Jadi dana yang Bapak/Ibu transfer, kami pergunakan juga untuk beberapa proyek di atas, semoga hal ini menjadi untuk diketahui bersama.

Mari kita bulatkan tekad bersama, semoga vihara tercinta kita dapat segera terwujud, dengan segala kesederhanaan sebagai wujud bakti kita sebagai generasi penerus Ajaran Buddha, kita bertekad bersama untuk senantiasa mewujudkan Vihara Grha Buddha Manggala, semoga vihara ini akan selalu menjadi tempat untuk belajar mempelajari Dhamma (Pariyatti), mempraktekkan Dhamma (Patipati), dan memperoleh serta merealisasi hasil dari praktek Dhamma tersebut (Pativeda) di Pulau Batam ini.

Salam metta
Panitia Pembangunan Vihara Grha Buddha Manggala