Wednesday 23 March 2016

"Berdana Makanan kepada Bhante"

Umat Buddha kota Batam, khususnya umat Vihara Grha Buddha Manggala, sangat antusias jika mendapat info dari admin VGBM berkenaan dengan kegiatan "dana makanan kepada Bhante". Mengingat Vihara Grha Buddha Manggala dibawah bimbingan Sangha Theravada Indonesia (STI), maka dengan keterbatasan yang ada, umat seperti tanah dimusim kemarau lalu turun hujan. Ketika Bhikkhu Anggota Sangha datang ke Vihara mereka sangat antusias berdana kepada Bhikkhu Sangha.

Fenomena demikian bukan tanpa alasan. Hal ini berdasarkan ajaran Buddha yang selalu mengajarkan betapa pentingnya memberi atau melakukan kebajikan, lebih-lebih kepada guru spiritual. Mungkin alasan inilah mengapa Buddha menempatkan "dana paramitta" diurutan pertama dari "sepuluh paramitta" yang pernah Beliau sempurnakan.

Atas latar belakang yang demikian, umat Buddha dan pengurus Vihara Grha Buddha Manggala selalu berharap agar dikemudian hari dapat menetap satu Bhikkhu Anggota Sangha dari Sangha Theravada Indonesia. Hal ini mengingat pentingnya bimbingan spiritual dari para Bhikkhu Sangha dan sebagai tempat menanam jasa diladang yang subur.

Berikut dokumentasi kami: