Monday 15 October 2007

Sekolah Minggu Buddhis Tingkat SMP/SMU/SMK


Bagi dunia remaja, belajar dan praktek Dhamma adalah sangat-sangat penting. Apalagi di saat usia pada masa puber, di mana mulai mencari jati diri mereka.
Disinilah peran penting belajar Dhamma melalui Sekolah Minggu Buddhis tingkat SMP/SMU/SMK.

Dhamma akan menjadi satu pengetahuan bagi mereka untuk berpijak tatkala timbul masalah-masalah remaja dalam hidup, dengan bertindak sesuai Dhamma akan menjadi upaya mengisi hari-hari keceriaan dalam masa remaja dengan kegiatan positif.

Dunia remaja tak akan lepas dengan mulai muncul keinginan untuk berkelompok, berkumpul, nah di sini Graha Buddha Manggala telah menyediakan wadah tersebut melalui Sekolah Minggu Buddhis, yang telah melibatkan para muda-mudinya untuk lebih aktif baik dalam memimpin puja bakti, melakukan bakti sosial, membantu dalam aneka kegiatan2 vihara, mengadakan event-event besar.


Sekolah Minggu Buddhis untuk para remaja telah disusun dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan remaja diantaranya:
1. Dhamma Class, dengan topik: Sejarah Buddha Gotama, Perkembangan Buddhisme di dunia, Intisari Ajaran Buddha

2. Dhamma in Practice, dengan upaya mengenalkan Dhamma spy mudah untuk dilakukan dalam dunia remaja dan kehidupan sehari-hari, seperti dengan cara Diskusi Dhamma, Bakti Sosial, spt dalam waktu dekat ini.. pada tgl 28 Oktober 2007 akan diadakan Talk-Show: About Love & Sex, dengan pembicara: Bhante Upaseno dan Dr. Fisher, Sp.RM dari Rumah Sakit Awal Bros ... tujuan talk-show ini.. adalah untuk mengarahkan para remaja untuk mengenal masa remaja mereka dengan lebih baik, memahami seperti apa bahaya2 seks bebas, bagaimana mencari "teman hidup" yang baik. Kami berupaya memberikan pembekalan-pembekalan yang positif bagi mereka... kelak di agenda berikutnya.. kami akan coba mengenalkan akan bahaya-bahaya dari Narkoba sehingga mereka bisa mawas diri dalam pergaulan, dan menghindari dari berbagai macam narkoba.

3. Dhamma Voice, mengumandangkan alunan Dhammapada, Nidhikanda Sutta, Membaca Paritta Pali dengan Baik & Benar, menyanyikan Lagu2 Buddhis, berlatih Drama, berlatih menari.

4. Happy Together with Dhamma, seperti merayakan Ultah Bersama, Aneka Permainan.




Kami mencoba sejalan dengan cara berpikir seorang remaja, yang usianya sedang beranjak dari anak-anak menjadi dewasa... inilah masa puber.

Kami mencoba membantu mereka menemukan jati diri mereka dengan mengembangkan sifat-sifat positif dalam diri, ataupun menumbuhkan sifat-sifat positif tersebut.


Semoga apa yang kami persembahkan ini... dapat diterima oleh para remaja dan orang tua, demi kemajuan cara berpikir para remaja, menuju pemikiran Buddhistis.


Salam metta,

Kepala Sekolah Minggu Buddhis Graha Buddha Manggala

PMd. Suwarno