Sunday 7 October 2007

Potret Kegiatan September 2007

Di bulan September, Graha Buddha Manggala kedatangan sosok seorang bhikkhu yang ramah dan penuh canda, beliau Bhante Guttadhammo. Bhante tiba ke Batam bersama dua lulusan Sekolah Tinggi Agama Buddha "Syailendra" di Kopeng, Jawa Tengah, mereka adalah Suparman S.Ag dan Lasiman S.Ag yang berangkat dengan itikad baik, ingin turut membantu perkembangan Buddha-Dhamma mazhab Theravada di kota Batam.

Bersama-sama dengan Bhante Guttadhammo, kami mengadakan serangkaian acara yang menarik diantaranya:
1. Pesantren Kilat Sekolah Menengah Umum PERMATA HARAPAN (Sabtu, 15 September 2007, jam 9-12)
Menjadi satu kebiasaan umum di sejumlah sekolah, saat bulan puasa/Ramadhan, instansi sekolah menyelenggarakan paket Pesantren Kilat untuk siswa/i Buddhis, yang isinya dikemas sesuai dengan materi-materi agama Buddha.


2. Siraman Rohani di Lapas Kota Batam (Sabtu, 15 September 2007, jam 14:00-16:00)
Nampak suasana yang cukup akrab antara teman2 Buddhis di Lapas dengan Bhante Guttadhammo saat sesi Ceramah & Diskusi Dhamma, teman2 Buddhis benar-benar merasakan banyak manfaat dari mengikuti Siraman Rohani ini.

3. Pindapatta (Minggu, 16 September 2007, jam 08:00-09:00)
Sesuai dengan tradisi Buddhis yang telah lama berlangsung, Graha Buddha Manggala senantiasa mencoba memulai menghidupkan kembali tradisi ini, yang diharapkan para umat Buddha yang tinggal di sekitar vihara dapat memulai kembali akan praktek kebajikan melalui tradisi Pindapatta ini. Ternyata respon warga perumahan Baloi Mas Permai dan Anggrek Permai, serta siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis sangat antusias sekali... Bhante Guttadhammo berjalan dengan perlahan-lahan .. menerima dana makanan dari para umat, yang kemudian terkumpul cukup banyak hingga satu mobil penuh, selanjut dana makanan ini diserahkan kepada Bhante Guttadhammo untuk sebagai Sanghadana berupa makanan pada santapan siang hari.

Saking karena banyaknya makanan, kemudian para ibu-ibu mengelompokkan makanan ini semua, dan membagi kepada para umat dan siswa/i sekolah Minggu Buddhis, serta beberapa warga yang tak mampu.

Demikian kegiatan utama di bulan September 2007, namun masih banyak kegiatan lain yang merupakan agenda tetap dilaksanakan oleh Graha Buddha Manggala yaitu Puja Bakti Umum, Sekolah Minggu Buddhis, dan Siraman Rohani di Lapas, serta pengumpulan dana untuk pembuatan Papan Penunjuk Jalan yang sangat-sangat diharapkan oleh Umat Buddha karena selama ini mereka merasakan cukup kesusahan dalam mengakses alamat Graha Buddha Manggala, alhasil pengumpulan dana dilakukan dalam waktu 2 minggu, dan telah terkumpul dana yang dirasakan cukup untuk pembuatan 3 buah papan nama dulu (yang sebelumnya direncanakan 7 buah), secara bertahap nantinya akan dilanjutkan pembuatan 4 buah lagi.


Kami haturkan terima kasih banyak dan anumodana (turut berbahagia) atas dukungan yang telah diberikan, semoga berkah kebahagiaan, kesehatan, dan kesejahteraan melimpah bagi keluarga para donatur, dan semoga semua mahluk hidup berbahagia. Berikut contoh papan penunjuk jalan yang akan segera dipasang pada bulan Oktober ini.

Sungguh berbahagia bagi kami, yang dapat hadir di tengah-tengah umat Buddha dan mampu memberikan pelayanan Dhamma bagi semuanya.

Salam metta,
Dayaka Sabha Graha Buddha Manggala